Comscore Tracker

Hadiah Pernikahan Kaesang-Erina Harus Dilaporkan ke KPK dalam 1 Bulan

Ada ketentuan bahwa pemberian harus dilaporkan

Jakarta, IDN Times - Putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep melangsungkan pernikahan  dengan Erina Gudono akhir pekan ini. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan agar hadiah yang diterima keluarga presiden harus dilaporkan maksimal sebulan setelah penerimaan.

"Jadi 30 hari kerja itu dilaporkan kepada KPK untuk dilakukan analisis, telaah," ujar Juru Bicara KPK Ali FIkri, Jumat (9/12/2022).

1. KPK akan menganalisis usai menerima laporan

Hadiah Pernikahan Kaesang-Erina Harus Dilaporkan ke KPK dalam 1 BulanJuru Bicara KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Setelah melakukan analisis, KPK baru bisa menentukan apakah hadiah-hadiah tersebut termasuk gratifikasi atau tidak. Nantinya hal itu akan disampaikan kepada pelapor gratifikasi.

"Nanti ada parameter yang dijadikan penilaian oleh tim gratifikasi di KPK. Apakah itu kemudian ditetapkan sebagai milik negara kah, atau kemudian memang boleh dipergunakan oleh penyelenggara negara yang menerima apakah dalam bentuk hadiah, gratifikasi, atau barang-barang yang bernilai ekonomis lainnya yang diduga ada kaitannya dengan jabatan yang bersangkutan," jelas Ali.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Jadi Saksi Pernikahan Kaesang-Erina

2. Ada ketentuan bahwa pemberian harus dilaporkan

Hadiah Pernikahan Kaesang-Erina Harus Dilaporkan ke KPK dalam 1 BulanJuru Bicara KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan bahwa ada Undang-Undang yang mengatur ketentuan penerimaan gratifikasi senilai Rp10 juta. Apabila itu merupakan suap, maka harus dibuktikan.

"Itu ada ketentuan di dalam UU Tindak Pidana Korupsi, itu bila kemudian mencapai Rp10 juta tadi," jelasnya.

3. Ada tiga ribu orang yang diundang dalam nikahan Kaesang dan Erina

Hadiah Pernikahan Kaesang-Erina Harus Dilaporkan ke KPK dalam 1 BulanKaesang bersimpuh di hadapan Jokowi dan Iriana. (Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Diketahui, Kaesang Pangarep melangsungkan pernikahan di Yogyakarta pada akhir pekan ini. Setidaknya ada 3 ribu tamu yang diundang adik Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming tersebut.

Resepsi pernikahan kaesang akan berlangsung di dua lokasi. Akad nikah akan berlangsung di Yogyakarta, resepsi akan berlangsung di Solo.

Baca Juga: Jokowi Sempatkan Tanda Tangani Berkas Negara di Sela Nikahan Kaesang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya