Comscore Tracker

Hampir 167 Ribu Ton Sampah Penuhi Jakarta Pasca-Banjir Awal Januari

Dalam sehari sampah terkumpul 11.565 ton!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup mengklaim telah mengangkut hampir 167 ton sampah, akibat banjir di ibu kota pada awal Januari 2020.

Jumlah tersebut didapatkan usai Dinas Lingkungan Hidup mengumpulkan sampah selama 11 hari pasca-banjir.

"Dari 2 hingga 11 Januari Dinas Lingkungan Hidup total mengumpulkan 106.898 ton sampah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih saat dihubungi IDN Times, Minggu (12/1).

1. Sampah paling banyak yang dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup dalam sehari mencapai 11,5 ribu ton

Hampir 167 Ribu Ton Sampah Penuhi Jakarta Pasca-Banjir Awal Januari(Dok.IDN Times/Istimewa)

Jumlah sampah tersebut merupakan gabungan dari sampah reguler dan akibat banjir yang dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup. Berdasarkan data yang diterima IDN Times, sampah banjir terbanyak dikumpulkan pada Rabu (8/1).

Jumlah sampah banjir yang dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup seberat 7.170 ton. Bila digabungkan dengan sampah reguler, Dinas Lingkungan Hidup mengumpulkan sampah seberat 11.565 ton.

Baca Juga: Akibat Banjir, Pengusaha Mal Tuntut Ganti Rugi ke Pemprov DKI Jakarta

2. Sampah yang dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup sehari pasca-banjir masih sedikit

Hampir 167 Ribu Ton Sampah Penuhi Jakarta Pasca-Banjir Awal Januari(Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara, jumlah sampah yang dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup sehari setelah banjir paling sedikit ketimbang hari-hari lainnya. Berdasarkan data yang diterima IDN Times, Dinas Lingkungan Hidup hanya mengumpulkan 3.481 ton sampah akibat banjir, dari total 8.492 sampah yang berhasil dikumpulkan pada Kamis (2/1).

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan jumlah sedikit itu terjadi lantaran pihaknya lebih dahulu mengobservasi pola yang terjadi di masyarakat.

"Umumnya masyarakat korban banjir mulai membersihkan rumah saat banjir surut. Kemudian mereka baru mulai membersihkan rumah, 1-2 hari. Perabotan dan barang-barang rusak tidak langsung dikeluarkan, mereka berharap masih bisa dipakai. Namun ketika benar-benar tidak bisa diperbaiki lagi, barang-barang rusak tersebut dikeluarkan dari rumah," ujar dia.

3. Puluhan ribu orang terdampak banjir Jakarta

Hampir 167 Ribu Ton Sampah Penuhi Jakarta Pasca-Banjir Awal JanuariPengungsi korban banjir di Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak 31 Januari 2019, menyebabkan 158 kelurahan di ibu kota terendam banjir.

Bencana yang berdampak pada 36.444 orang ini diklaim sudah surut seminggu pasca-banjir. Namun, hingga kini ratusan pengungsi masih bertahan di tempat penampungan.

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

Topic:

  • Aryodamar
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya