Hanya Sisa 4 Tempat Tidur ICU RSUD di Jakarta, Ini Daftarnya 

Dari 32 RSUD, hanya 4 yang tersedia. Jaga diri ya, guys!

Jakarta, IDN Times - Ketersediaan tempat tidur di ruangan ICU yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah Jakarta semakin menipis.

Berdasarkan data yang dirilis dalam situs Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Selasa (1/9/2020), hanya tersisa 4 tempat tidur ruang ICU yang tersebar di empat RSUD yang ada di ibu kota. Padahal, di Jakarta terdapat 32 RSUD yang tersebar di lima kota dan satu kabupaten.

Dari data yang dikutip IDN Times pada pukul 18.00 WIB hari ini, sebanyak 4 tempat tidur ICU tersisa itu berada di 4 RSUD berbeda yakni RSUD Tebet, RSUD Pesanggrahan, RSUD Budhi Asih, dan RSUD Cengkareng.

1. Data kapasitas tempat tidur yang tersisa bukan hanya untuk COVID-19

Hanya Sisa 4 Tempat Tidur ICU RSUD di Jakarta, Ini Daftarnya Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia Tatri Lestari Handayani (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa jumlah tempat tidur tersebut tidak hanya terkait pasien COVID-19 saja. Sehingga, jumlah tersebut tak bisa menjadi acuan ketersediaan kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19.

"Itu kondisi bed total, bukan khusus COVID-19," jelas Dwi, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga: Jumlah Pasien COVID-19 di Ruang Isolasi dan ICU DKI Naik Drastis 

2. Ruangan rawat inap dan alat kesehatan cukup, SDM akan ditambah

Hanya Sisa 4 Tempat Tidur ICU RSUD di Jakarta, Ini Daftarnya Ilustrasi tenaga medis (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatyakan, bahwa kapasotas tempat tidur di rumah sakit yang ada di ibu kota sudah ditambah. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan dan ditambah adanya pelebaran kaspasitas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Ruangan dan alat kesehatan sudah cukup, hanya SDM. Makanya, kita rekrutmen dan dalam minggu depan sudah ada 1.800 tenaga kesehatan siap," jelasnya kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta.

3. RSUD paling banyak ada di Jakarta Selatan dan Timur

Hanya Sisa 4 Tempat Tidur ICU RSUD di Jakarta, Ini Daftarnya RSUD Koja, Jakarta Utara (IDN Times/Besse Fadhilah)

Di Jakarta terdapat 32 RSUD yang tersebar di lima wilayah kota dan satu kabupaten. RSUD terbanyak berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan jumlah masing-masing mencapai 8 RSUD. Di Jakarta Pusat terdapat 6 RSUD, 5 RSUD di Jakarta Utara, 4 di Jakarta Barat, dan 1 di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Baca Juga: 77 Persen ICU Terpakai, Kondisi RS di DKI Diklaim Gak Ideal

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya