Comscore Tracker

Harta Yasonna Laoly Naik Rp12 M Selama 7 Tahun Jadi Menkumham

Yasonna disorot publik usai kebakaran Lapas Tangerang

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tengah menjadi sorotan publik usai kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten. Sebab, Lapas berada menjadi salah satu wewenangnya sebagai Menkumham.

Diketahui, Yasonna telah menjadi menteri sejak 2014. Ia menjadi salah satu menteri yang selalu mendapat kepercayaan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam dua periode kepemimpinannya.

Selama tujuh tahun menjadi menteri, kekayaan Yasonna bertambah Rp12.111.749.409. Pada awal menjabat, Yasonna memiliki harta senilai Rp16 mliar dan kini sudah menyentuh Rp28.176.772.883.

Berikut rincian terbaru harta Yasonna Laoly:

1. Yasonna punya tiga mobil serta 17 tanah dan bangunan

Harta Yasonna Laoly Naik Rp12 M Selama 7 Tahun Jadi MenkumhamANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Yasonna tercatat memiliki 17 tanah dan bangunan senilai Rp3.809.090.126 yang tersebar di Medan, Karo, Tangerang, dan Deli Serdang. Salah satu tanah yang ia miliki tercatat sebagai warisan dengan nilai Rp100 juta di Karo, Sumatra Utara.

Ia juga tercatat memiliki tiga mobil pembelian sendiri senilai Rp905,9 juta. Mobil yang dimiliki Yasonna terdiri dari Toyota Harrier (2015), Toyota Fortuner (2018) dan Toyota Crown Royal Saloon (2009).

Baca Juga: Yasonna Belum Bisa Atasi Over Capacity Lapas selama 7 Tahun Menjabat

2. Total harta Yasonna mencapai Rp28 miliar

Harta Yasonna Laoly Naik Rp12 M Selama 7 Tahun Jadi MenkumhamMenteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI di kompleks MPR/DPR/DPD RI (Dok. Humas Kemenkumham)

Selain itu, ia tecatat juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp4,4 miliar dan surat berharga Rp1,9 miliar. Selain itu, Yasonna mempunyai kas dan setara kas Rp17 miliar.

Menkumham dua periode ini tercatat tak memiliki utang dan harta lainnya. Maka, ia memiliki total kekayaan senilai Rp28.176.772.883.

3. Kebakaran tersebut menewaskan 45 orang

Harta Yasonna Laoly Naik Rp12 M Selama 7 Tahun Jadi MenkumhamPetugas berdiri di antara kantong jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten terjadi pada Rabu, 8 September 2021 dini hari. Sebanyka 40 narapidana langsung tewas di lokasi kejadian, satu orang saat dilarikan ke rumah sakit dan empat orang lainnya setelah mendapat perawatan.

Yasonna menduga kebakaran itu terjadi karena korsleting listrik. Sebagai bentuk tanggung jawab, peemerintah memberikan santunan Rp30 juta, fasilitas pemulasaran hingga pemakaman jenazah secara gratis.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas Tangerang

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya