Harun Masiku Dinilai Jadi Gerbang KPK untuk Menjerat Politikus Lain

Harun Masiku adalah eks Caleg PDIP yang jadi tersangka suap

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai harus segera menangkap eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku agar segera memperbaiki kepercayaan publik. Sebab, ditangkapnya Harun dinilai akan menjadi gerbang KPK untuk menjerat politikus lain yang diduga terlibat.

"Tangkap Harun Masiku, kejar orang-orang yang terlibat dalam Harun Masiku. Harun Masiku itu kan hanya pintu masuk untuk menjerat politisi-politisi lain yang semua orang sudah tahu nama-namanya, media massa sudah banyak mengangkat," ujar Peneliti Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM Zaenur Rohman kepada wartawan.

Baca Juga: KPK Ungkap Kendala Cari Harun Masiku: Terbatasnya SDM dan Informasi

1. KPK harus segera tangkap Harun Masiku agar kepercayaan publik kembali

Harun Masiku Dinilai Jadi Gerbang KPK untuk Menjerat Politikus LainPegiat antikorupsi dari ICW dan Gerakan #Bersihkan Indonesia melakukan aksi teaterikal "Habis Gelap Tak Kunjung Terang: Runtuhnya Pemberantasan Korupsi" di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (8/12/2021). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Zaenur menilai masih buronnya Harun Masiku membuat kepercayaan publik pada KPK menurun. Ia menduga hal itu disebabkan karena Harun tidak segera ditangkap ketika penyidikan berlangsung.

"Sejak awal Harun Masiku seakan-akan diberi kesempatan untuk lari atau tidak segera untuk ditahan, ditangkap," ujarnya.

Baca Juga: Harun Masiku dan Mardani Maming, 2 Kader PDIP Jadi Buronan KPK

2. KPK masih buru Harun Masiku

Harun Masiku Dinilai Jadi Gerbang KPK untuk Menjerat Politikus LainWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

KPK sebelumnya menegaskan masih terus memburu Harun Masiku dan buronan lainnya. KPK pun telah melakukan berbagai upaya dalam mencari para buronan, termasuk dengan bekerja sama dengan sejumlah lembaga penegak hukum lain.

"Kita bekerja sama dengan Interpol, dengan Polri, karena kita juga keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) dan mungkin juga keterbatasan informasi di mana yang bersangkutan itu," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers yang dilihat melalui YouTube KPK pada Jumat (28/7/2022).

Baca Juga: Mantan Pimpinan KPK Laode M Syarif Yakin Harun Masiku Masih Hidup

3. Harun Masiku adalah eks Caleg PDIP yang jadi tersangka suap mantan Komisioner KPU

Harun Masiku Dinilai Jadi Gerbang KPK untuk Menjerat Politikus Lain(eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka suap eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. Suap dilakukan untuk Pergantian Antarwaktu (PAW) dari anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan (Sumsel) 1 Riezky Aprilia, kepada Harun Masiku.

Selain itu, suap dilakukan untuk menggantikan anggota DPR PDIP terpilih yang meninggal dunia bernama Nazarudin Kiemas. Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fredelina didakwa menerima suap Rp600 juta.

Harun disebut kabur ke luar negeri, namun hingga kini belum diketahui keberadaannya. Untuk mencari Harun, KPK menyatakan telah bekerja sama dengan sejumlah pihak, mulai dari polisi hingga NCB Interpol. Kini, Harun Masiku sudah menjadi buronan internasional.

Selain Harun, KPK masih punya utang mencari empat buronan lain. Mereka adalah:

• Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (2022)

• Suryad Darmadi (2019)

• Izil Azhar (2018)

• Kirana Kotama (2017).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya