Harun Masiku Setahun Jadi Buron, KPK: Kami Yakin Masih di Indonesia

Mantan Caleg PDIP ini tersangka penyuap Wahyu Setiawan

Jakarta, IDN Times - Harun Masiku yang sudah setahun lebih menjadi buron Komisi Pemberantasan Korupsi. Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta memastikan pihaknya masih terus mencari mantan Caleg PDI Perjuangan itu.

"Kita tetap berusaha cari yang bersangkutan, bahkan udah libatkan pihak kepolisian," ujarnya, Selasa (2/3/2021).

1. KPK tak akan berhenti mencari Harun Masiku

Harun Masiku Setahun Jadi Buron, KPK: Kami Yakin Masih di Indonesia(Wakil Ketua KPK Alexander Marwata) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Alex juga berharap bantuan masyarakat untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib ketika melihat atau menemukan Harun Masiku. Masyarakat juga bisa melaporkannya kepada KPK melalui kontak pelaporan.

"Kami ga akan berhenti (mencari)," ujarnya.

Baca Juga: Kerabat Minta Eks Caleg PDIP Harun Masiku Menyerahkan Diri ke KPK

2. KPK yakin Harun Masiku masih di Indonesia

Harun Masiku Setahun Jadi Buron, KPK: Kami Yakin Masih di Indonesia(Wakil Ketua KPK Alexander Marwata) IDN Times/Santi Dewi

Pria 54 tahun ini yakin Harun Masiku masih berada di Indonesia. Sebab, ia sudah dicekal dan tak akan bisa melewati imigrasi.

"Pintu-pintu keluar yang resmi itu kan udah ditutup. Kecuali dia keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi seperti perahu. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga imigrasi, ga akan lolos," jelasnya.

3. Harun Masiku tersangka penyuap Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Harun Masiku Setahun Jadi Buron, KPK: Kami Yakin Masih di IndonesiaDok. IDN Times

Harun Masiku ditetapkan sebagai tersangka usai menyuap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Suap dilakukan untuk Pergantian Antarwaktu (PAW) dari anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) 1 Riezky Aprilia, kepada Harun Masiku.

Selain itu, suap dilakukan untuk menggantikan anggota DPR PDIP terpilih yang meninggal dunia bernama Nazarudin Kiemas. Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fredelina didakwa menerima suap Rp600 juta. Harun disebut kabur ke luar negeri namun hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Baca Juga: MAKI Sebut Harun Masiku Sudah Meninggal Dunia, KPK Yakin Masih Hidup

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya