Hasto: Kata-Kata Kasar Penuh Emosional Runtuhkan Kredibilitas Prabowo

Sekjen PDIP menyindir Prabowo saat kampanye di Yogyakarta

Maumere, IDN Times - Kemarin, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tampak begitu emosional ketika berkampanye di Yogyakarta. Dalam orasinya, Prabowo tampak marah hingga memukul mimbar beberapa kali dan berbicara dengan nada tinggi.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pun menyindir perilaku Prabowo yang dianggapnya bisa memperburuk kredibilitasnya sebagai pemimpin. Selain itu, Hasto menilai sikap Prabowo yang emosional akan meruntuhkan martabatnya.

1. PDIP menilai Prabowo tempramental

Hasto: Kata-Kata Kasar Penuh Emosional Runtuhkan Kredibilitas PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hasto mengatakan, pihaknya telah mengamati beberapa kali Prabowo yang cenderung emosional dalam beberapa kampanye.

Menurutnya, penampilan pria yang telah tiga kali ikut kontestasi Pemilu Presiden tersebut adalah persoalan serius. Sebab, kepemimpinannya yang cenderung temperamental dan mengeluarkan kata-kata kasar adalah ketidakpantasan etis di hadapan publik.

"Kata-kata kasar yang keluar dari Pak Prabowo semakin runtuhkan kredibilitas dan martabat pemimpin. Sikap egonya dan tampilannya elite sekitarnya yang biasa dengan hoaks dan fitnah, justru semakin memperburuk keseluruhan tampilan politik yang seharusnya positif dan penuh hal-hal baik," kata Hasto, di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/4).

Baca Juga: Prabowo Targetkan Menang 25 Persen, Hasto: Itu Klaim Mereka

2. Karakter pemimpin dinilai akan menentukan kultur positif dan martabat bangsa

Hasto: Kata-Kata Kasar Penuh Emosional Runtuhkan Kredibilitas PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hasto menilai, karakter pemimpin akan ikut menentukan kultur positif dan martabat bangsa. Sehingga tampilan calon Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo yang menurutnya sebagai sosok apa adanya sambil terus kedepankan optimisme akan menghasilkan kultur bangsa yang bergerak maju dan mengejar prestasi.

"Sebaliknya, Pak Prabowo yang emosional dan sering keluarkan kata-kata yang tidak pantas, hadirkan ketakutan, kegelisahan akut, dan pesimisme," ujar Hasto.

Baca Juga: Demokrat Beberapa Kali Tak Sepaham dengan Prabowo, Ada Apa?

3. PDIP yakin masyarakat akan menilai pemimpin dari karakternya

Hasto: Kata-Kata Kasar Penuh Emosional Runtuhkan Kredibilitas PrabowoIDN Times/Irfan fathurohman

PDIP meyakini sikap emosional Prabowo belakangan akan menjadi preferensi bagi masyarakat untuk memilih.

"Mau memilih yang gebrak-gebrak meja atau mereka yang mampu menggebrak berbagai persoalan pembangunan," ujar Hasto sebelum berkampanye di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT).

4. Prabowo sudah beberapa kali tampil emosional di depan publik

Hasto: Kata-Kata Kasar Penuh Emosional Runtuhkan Kredibilitas PrabowoIDN Times/Daruwaskita

Sebelum berorasi dengan emosional di Yogyakarta, Prabowo sempat terlihat beberapa kali tampil emosional di hadapan publik.

Salah satunya adalah ketika ia berargumen soal pertahanan Indonesia yang lemah pada sesi debat melawan Jokowi. Saat itu ia marah karena sejumlah orang yang hadir tertawa ketika ia yang dinilainya lemah.

Baca Juga: Prabowo: Coblos Saya Berarti Selamatkan Anak dan Cucu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya