Comscore Tracker

IMS 2020: Najwa Shihab, Jurnalis yang Bergelimang Prestasi

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020

Jakarta, IDN Times - Pendiri Narasi TV, Najwa Shihab, merupakan sosok yang kenyang asam garam di dunia jurnalistik Tanah Air. Putri kedua cendekiawan muslim Quraish Shihab ini telah berkecimpung di dunia jurnalistik sejak 2000-an.

Sejumlah prestasi telah diraih jurnalis yang akrab dipanggil Nana itu. Ia pun telah berhasil mewawancarai banyak tokoh penting, mulai dari presiden hingga perdana menteri negara tetangga.

Baca Juga: Perdebatan Najwa Shihab VS Gerindra Soal RUU KPK Viral di Medsos

1. Memulai karier jadi reporter Metro TV, nama Nana berkibar jadi jurnalis ternama

IMS 2020: Najwa Shihab, Jurnalis yang Bergelimang PrestasiInstagram/najwashihab

Nana mengawali karier jurnalistik di Metro TV. Di sana, ia pernah menjadi reporter hingga pembawa acara berbagai program.

Saat bencana tsunami Aceh pada 26 Desember 2004, ia terjun langsung ke lokasi kejadian untuk meliput keadaan Bumi Serambi Makkah ketika bencana baru saja terjadi. Tak sia-sia, jerih payahnya meliput tsunami berbuah penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Setelah sukses selama 17 tahun meniti karier di Metro TV, pada 2017 ia memutuskan berhenti dari media yang membesarkan namanya itu. Meski mengaku istirahat, Nana masih aktif di dunia media dengan membuat program jurnalistik berbasis Youtube. Kemudian, ia membangun media baru bernama Narasi TV.

2. Bergelimang prestasi hingga didaulat menjadi Duta Baca Indonesia

IMS 2020: Najwa Shihab, Jurnalis yang Bergelimang PrestasiInstagram/najwashihab

Penghargaan dari PWI bukan satu-satunya prestasi yang ia raih. Masih banyak penghargaan yang ia dapatkan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain Panasonic Gobel Awards, Presenter Pemilukada Terbaik dari Bawaslu, Most Progressive Figure oleh majalah Forbes, hingga Young Global Leader dari World Ecomomic Forum.

Pada 2016, Nana didaulat sebagai Duta Baca Indonesia selama empat tahun untuk menyebarkan gerakan sadar membaca hingga ke pelosok negeri.

Tugas berat dipikul Nana, mengingat minat baca di Indonesia menduduki peringkat terendah dari 52 negara di Asia. Padahal, rendahnya minat baca sangat memengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia.

3. Najwa Shihab hadir di Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times

IMS 2020: Najwa Shihab, Jurnalis yang Bergelimang PrestasiInstagram/najwashihab

Nana akan menjadi salah satu pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020 yang diselenggarakan IDN Times. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

Baca Juga: Tidak Hanya Agnez Mo, Gen Najwa Shihab Juga Bukan dari Indonesia

Topic:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Just For You