Ini 3 Lokasi Pengungsian Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru 

Kepala BNPB diperintahkan Jokowi kerja cepat dan tepat

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, saat ini sudah ada tiga lokasi pengungsian yang berdiri di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pengungsian itu didirikan akibat Gunung Semeru erupsi atau meletus.

"Lokasi pengungsian yang saat ini ada dan yang sudah terisi ada di tiga desa dan di dua kecamatan," kata Kepala BNPB Mayor Jenderal TNI Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021).

Berikut tiga lokasi pengungsian tersebut:

  1. Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang
  2. Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang
  3. Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang

Baca Juga: 5 Fakta Gunung Semeru Erupsi Pada Hari Sabtu 4 Desember 2021

1. BNPB sudah kirim Tim Reaksi Cepat ke lokasi

Ini 3 Lokasi Pengungsian Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Untuk menanggulangi bencana, Suharyanto mengatakan, BNPB sudah mengirim Tim Reaksi Cepat. Tim ini akan mendampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur.

"Dari BNPB sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur, yang bergerak bersama unsur dari Kementerian Kesehatan, malam ini bergerak lewat darat dan bawa logistik antara lain selimut, terpal, makanan siap saji, matras, dan logistik dasar lainnya," jelasnya.

2. Kepala BNPB diperintahkan Jokowi kerja cepat dan tepat

Ini 3 Lokasi Pengungsian Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Suharyanto sendiri akan mengunjungi lokasi bencana pada Minggu, 5 Desember 2021. Hal ini merupakan perintah dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Atas petunjuk Bapak Presiden, kami besok pagi kesempatan pertama akan segera ke Lumajang, ke daerah bencana untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi bisa berjalan secara cepat dan tepat, dan tentunya kebutuhan pengungsi terdukung maksimal," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] BMKG Prediksi Abu Vulkanik Gunung Semeru ke Arah Barat Selama 6 Jam 

3. BNPB juga minta bantuan Panglima TNI

Ini 3 Lokasi Pengungsian Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, BNPB juga telah menyurati Pangilma TNI Jenderal TNI Andika Perkasa untuk memberi bantuan berupa personel hingga peralatan. Selain itu, BNPB juga berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur dan Kabupaten Lumajang.

"Untuk memastikan langkah penanganan masyarakat, khususnya yang terdampak bencana erupsi ini kebutuhan dasarnya bisa maksimal. Kami mengimbau masyarakat khususnya di lokasi terdampak untuk tetap tenang, waspada, dan mengikuti informasi dari pemerintah. Jangan termakan hoaks atau berita menyesatkan," ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Meletusnya Gunung Semeru Sejak Indonesia Merdeka pada 1945

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya