Comscore Tracker

Ini Alasan FPI Berani Gelar Maulid Nabi di Petamburan saat Pandemik

Acara Maulid Nabi digelar karena Rizieq Shihab kembali ke RI

Jakarta, IDN Times - Ketua acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan pada November 2020, Haris Ubaidillah mengungkapkan alasan mengapa Front Pembela Islam berani menggelar acara tersebut saat pandemik COVID-19 belum reda. Hal tersebut diuraikannya dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/5/2021).

"Karena pada saat itu sebagaimana informasi, saya banyak mendapat informasi bahwa perkumpulan- perkumpulan seperti ini sudah ada jauh sebelum acara peringatan maulid yang kami laksanakan," kata Haris.

1. Panitia klaim telah berupaya terapkan protokol kesehatan

Ini Alasan FPI Berani Gelar Maulid Nabi di Petamburan saat PandemikRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Meski demikian, ia mengklaim telah mengupayakan berbagai hal agar protokol kesehatan dalam rangka pencegahan COVID-19 tetap terlaksana saat acara berlangsung. Contohnya, kata Haris, pelaksanaan acara dilaksanakan dan diakhiri lebih cepat dari sebelumnya 

"Karena biasanya FPI itu kalau ngadain acara Maulid sampai Subuh, karena kalau kita selesaikan jam 2 tanggung subuhnya kesiangan," kata Haris.

Baca Juga: Eks Laskar FPI Klaim Tamu di Nikahan Putri Rizieq Shihab Pakai Masker

2. Karena ada kerumunan warga, acara Maulid Nabi ditutup lebih awal

Ini Alasan FPI Berani Gelar Maulid Nabi di Petamburan saat PandemikRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Menurutnya, keputusan mengakhiri acara lebih awal dari biasanya juga mempertimbangkan kondisi di Petamburan saat itu. Menurutnya, masyarakat yang hadir dalam acara itu sangat banyak.

"Tapi karena kemarin saat acara peringatan Maulid Nabi itu membludak di luar perkiraan, akhirnya kami mengambil keputusan acara dibubarkan lebih awal," ujarnya.

3. Acara Maulid Nabi digelar karena Rizieq Shihab kembali ke Indonesia

Ini Alasan FPI Berani Gelar Maulid Nabi di Petamburan saat PandemikRizieq Shihab menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Haris mengaku bahwa ia yang mengusulkan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan. Usul itu disampaikannya karena mengetahui bahwa Rizieq Shihab akan kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.

"Berdasarkan informasi guru kami mau datang ke Indonesia, saya usul pada rapat pengurus, itu rapat mingguan, bagaimana kita adakan peringatan maulid guru kita akan hadir," kata Haris.

Baca Juga: Rizieq Singgung Larangan Mudik hingga Masuknya WN India di Sidangnya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya