Ini Janji Anies pada Ratusan Keluarga Korban Kebakaran Kampung Bandan

Pemprov DKI akan beri bantuan

Jakarta, IDN Times – Sehari setelah kebakaran melanda sebuah wilayah di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri untuk meninjau langsung lokasi kebakaran.

Anies pun menjamin segala kebutuhan korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu (11/5) itu, akan terpenuhi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sehingga, warga setempat tak perlu khawatir.

1. Ada tim khusus yang terjun ke lokasi

Ini Janji Anies pada Ratusan Keluarga Korban Kebakaran Kampung BandanFacebook.com/AniesBaswedan

Anies mengungkapkan, terdapat tim praktisi dan pegiat kesehatan yang langsung hadir ke lokasi dan bekerja usai peristiwa kebakaran, lantaran banyak keluhan warga yang menderita gangguan pernapasan dan luka akibat terkena serpihan benda tajam saat bencana terjadi. 

"Kita bantu semua. Anak-anak sekolah sudah langsung disiapkan baju seragam, buku-buku, sehingga tidak terganggu sekolahnya. Ada 5 anak SD, 27 (anak) SMP dan 3 (anak) SMA. Mereka semua dijamin untuk bisa langsung meneruskan sekolah tanpa ada gangguan. Kemudian, untuk orang tua, sudah banyak kebutuhan di sini yang kita siapkan dengan adanya tim dari Dinas Sosial, sudah membantu dari semalam," kata Anies.

2. Pemprov DKI akan lakukan pendataan

Ini Janji Anies pada Ratusan Keluarga Korban Kebakaran Kampung BandanFacebook.com/AniesBaswedan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014-2016 itu mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah memulai proses pendataan bagi korban. Untuk itu, Anies mengimbau setiap warga agar secara aktif melaporkan dokumen administrasi yang hilang atau terbakar dalam musibah ini. Anies menjamin setiap dokumen administrasi sejatinya telah dicatat dengan baik di setiap lingkup pemerintahan. Sehingga, pemerintah bisa segera menyiapkan dokumen-dokumen pengganti.

"Bagi masyarakat di sini, ini kerugian luar biasa karena habis (tempat) mereka, tinggal badan saja, meninggalkan tempat tanpa bawa apa-apa. Tinggal bawa badan, jadi mereka semua akan mulai dari nol. Jadi, berapa pun itu hitungan rupiahnya bagi mereka yang terkena ini habis, berapa pun rupiahnya," terang Anies.

3. Ratusan rumah dan keluarga jadi korban kebakaran Kampung Bandan

Ini Janji Anies pada Ratusan Keluarga Korban Kebakaran Kampung BandanFacebook.com/AniesBaswedan

Usai meninjau lokasi kebakaran, Anies mengatakan bahwa ada ratusan keluarga yang menjadi korban kebakaran. Tak hanya itu, ratusan rumah juga hangus dilahap api. "Jadi, terjadi kebakaran hari Sabtu, sekitar waktu Ashar di tempat ini. Ada lebih dari 450 pintu rumah dan 450 Kepala Keluarga (menjadi korban), dengan total lebih dari 3.500 warga."

"Sebenarnya, warga di sini ada sekitar 2.000, lalu 1.500 adalah mereka yang kos di tempat ini. Dan pemerintah sudah langsung hadir. Dari mulai tadi malam kita menyiapkan tenda-tenda pengungsian. Ada empat posko pengungsian," jelas Anies.

Baca Juga: Gudang Kimia di Kampung Bandan Terbakar, 20 Mobil Pemadam Dikerahkan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya