Integrasi Stasiun MRT Asean dan Halte CSW Makan Biaya Rp55 Miliar!

Pembangunan fase pertama ditargetkan selesai Agustus 2020

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun fasilitas integrasi antara Stasiun MRT Asean dengan Halte Transjakarta CSW di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Fasilitas integrasi yang disebut Cakra Selaras Wahana ini merupakan karya Biro Studio Lawang untuk mengintegrasikan koridor 1 dan 13 Transjakarta dengan MRT Jakarta.

"Tadi disampaikan Pak Dirut ada 30 ribu penumpang Transjakarta di koridor 13 dan ada 95 ribu penumpang MRT yang menggunakan jalur ini. InsyaAllah dengan adanya ketersambungan antara halte Transjakarta dengan stasiun MRT maka lebih banyak lagi warga Jakarta yang mau menggunakan kendaraan umum," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

1. Pengerjaan dilakukan dua fase dengan biaya mencapai Rp55 miliar

Integrasi Stasiun MRT Asean dan Halte CSW Makan Biaya Rp55 Miliar!Halte CSW (Dok. Istimewa)

Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono memaparkan bahwa pengerjaan fasilitas integrasi tersebut akan dilakukan dalam dua tahap.

Fase pertama akan selesai pada Agustus 2020 berbentuk setengah lingkaran dan sudah bisa digunakan publik. Kemudian, fase selanjutnya ditargetkan selesai Desember 2020.

"Mengenai biaya itu menelan biaya Rp30 miliar untuk fase satu sampai Agustus. Itu sudah menghubungkan antara dua stasiun ini dengan bentuk setengah lingkaran, namun pekerjaannya ini total dilakukan dua fase yang memakan biaya Rp55 miliar," ujarnya.

2. Moda transportasi umum seharusnya terintegrasi

Integrasi Stasiun MRT Asean dan Halte CSW Makan Biaya Rp55 Miliar!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies berpendapat seharusnya semua moda transportasi umum terintegrasi. Ia berharap integrasi antara transjakarta dan MRT menjadi contoh pembangunan transportasi umum ke depan.

"Jangan lagi di mana pun di Indonesia kalau kita membangun, membangunnya sendiri-sendiri, harus membangun sebagai satu kesatuan. Tempat ini insyaAllah nanti menjadi sejarah, artinya tidak lagi seperti ini, tetapi menjadi satu kesatuan," kata Anies.

3. Ada kawasan yang digunakan untuk mencari pendapatan

Integrasi Stasiun MRT Asean dan Halte CSW Makan Biaya Rp55 Miliar!Halte CSW (Dok. Istimewa)

Agung Wicaksono menjelaskan setidaknya ada lima lantai yang akan dibangun di antara Halte CSW dan Stasiun MRT Asean. Selain itu, di kawasan berupa skybridge ini akan ada beberapa tempat untuk mencari pendapata di luar tiket.

"Kita tahu juga transprotasi publik mendapatkan pendapatan tiket dukungan pemerintah PSO. Kita juga mengusahakan bagaimana pendapatan nontiket," ujarnya.

Baca Juga: KAI dan MRT Bentuk Usaha Patungan, Erick Thohir: Akhirnya Terealisasi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya