Jakarta di Peringkat Ketiga Kota Berpolusi Terburuk di Dunia

Dubai berada di peringkat pertama kota paling berpolusi

Jakarta, IDN Times - Kota Jakarta berada di peringkat ketiga dari total 89 kota besar di dunia yang memiliki polusi paling buruk, berdasarkan parameter kualitas udara yang dirilis AirVisual, pada Minggu (8/9) pagi.

Tercatat pada pukul 06.00 WIB, kualitas udara ibu kota berada pada level tidak sehat dengan parameter US Air Quality Index (AQI US) 130 atau berkategori tidak sehat bagi masyarakat sensitif.

1. Dubai dan Beijing berada di posisi pertama dan kedua

Jakarta di Peringkat Ketiga Kota Berpolusi Terburuk di DuniaIDN Times/Uni Lubis

Angka itu terpaut 23 poin lebih rendah dari Dubai, Uni Emirat Arab yang menduduki peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk (153) dan Beijing, China, yang menduduki peringkat kedua kota terpolutan di dunia dengan angka indeks 137.
 
Indikator AirVisual memperlihatkan kualitas udara Jakarta tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter polutan PM2.5 konsentrasi 47,5 ug/m3.

Baca Juga: Ini 7 Instruksi Anies Tangani Polusi Udara Jakarta, Gimana Menurutmu?

2. Pemprov DKI terbitkan Ingub Pengendalian Kualitas Udara di Ibu Kota

Jakarta di Peringkat Ketiga Kota Berpolusi Terburuk di DuniaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pemerintah DKI Jakarta telah merespons permasalahan polusi udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara di Ibu Kota.
 
Instruksi tersebut selanjutnya diimplementasikan melalui kebijakan perluasan wilayah rekayasa lalu lintas dengan plat nomor ganjil-genap, guna menekan populasi kendaraan sebagai salah satu pemicu polusi.

3. Melakukan uji emisi rutin hingga penghijauan

Jakarta di Peringkat Ketiga Kota Berpolusi Terburuk di DuniaIDN Times/Gregorius Aryodamar

Jakarta juga melakukan uji emisi secara rutin hingga membatasi usia pakai kendaraan yang akan melintas di wilayah setempat.
 
Selain itu, Pemprov DKI Jakarta mengintensifkan pengawasan terhadap pabrik yang berpotensi melanggar aturan lingkungan hingga mengintensifkan penghijauan di sejumlah titik kawasan.

Baca Juga: Anies Tidak Yakin, Ibu Kota Pindah Polusi Udara Jakarta Berkurang 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya