Jakarta Fair 2020 Ditunda karena Wabah Virus Corona 

Cuma ditunda, bukan dibatalkan

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta International Expo (JiExpo) memutuskan menunda penyelenggaraan Jakarta Fair 2020. Semula, acara itu dijadwalkan berlangsung pada 14 Mei hingga 28 Juni.

Keputusan tersebut diambil menimbang perkembangan wabah virus corona yang belum selesai di Indonesia, khususnya Jakarta.

Baca Juga: Dampak COVID-19 bagi Pekerja, Gaji Dipotong, hingga PHK Massal!

1. Jakarta Fair hanya ditunda sampai kondisi kembali aman

Jakarta Fair 2020 Ditunda karena Wabah Virus Corona ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Marketing Director PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann, Senin (13/4) malam mengatakan, pihaknya berat hati karena acara yang puluhan tahun digelar jelang ulang tahun Jakarta itu harus ditunda. Namun, ia memastikan, PT JiExpo akan terus memantau sampai kondisi kembali aman.

“Saya mengimbau untuk tidak perlu khawatir, Jakarta Fair Kemayoran itu bukan dibatalkan tetapi hanya ditunda. Waktu serta kepastian penyelenggaraan akan kami informasikan lebih lanjut apabila situasi sudah membaik dan kondusif,” katanya melalui keterangan tertulis.

2. Penundaan dilakukan karena ada kepentingan lebih besar

Jakarta Fair 2020 Ditunda karena Wabah Virus Corona Istimewa

Menurut Ralph, keputusan ini diambil setelah penyelenggara berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah pusat maupun daerah, TNI, Polri serta berbagai pihak lainnya. Pihaknya mengambil langkah ini karena telah bersepakat bahwa ada kepentingan yang jauh lebih besar.

"Yaitu mengutamakan kesehatan serta keselamatan masyarakat, guna mencegah dan meminimalisir penyebaran pandemik COVID-19 di Indonesia," jelasnya.

3. Jakarta Fair merupakan acara yang sudah puluhan tahun berlangsung

Jakarta Fair 2020 Ditunda karena Wabah Virus Corona Instagram/@jiexpo_id

Jakarta Fair merupakan acara tahunan yang pertama kali digelar pada Juni 1968 di kawasan Monumen Nasional (Monas). Kemudian, sejak 1992 Jakarta Fair pindah ke lahan seluas 44 hektare di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tahun 2019 Jakarta Fair berlangsung pada 22 Mei hingga 30 Juni. Saat itu tema yang diusung pantia penyelenggara adalah 'Jakarta Fair Indonesia Bersatu'.

Baca Juga: [UPDATE] 1,9 Juta Orang di Dunia Positif Terjangkit Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya