Comscore Tracker

Jakarta Masuk Musim Hujan, Ini Upaya Pemprov DKI Cegah Banjir 

Jakarta sudah sering hujan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengebut sejumlah proyek untuk mencegah banjir di ibu kota menjelang musim hujan. Salah satu program yang dilakukan adalah menguras saluran air mikro.

"Kami memastikan seluruh saluran tidak tersumbat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati, Minggu (27/9/2020).

Saluran air yang sedang ditata berada di kawasan rawan banjir antara lain Jalan Sukarjo Wiryopranoto (Jakarta Pusat), Jalan BGR, Kelapa Gading (Jakarta Utara), Jalan Tubagus Angke (Jakarta Barat), Jalan Kemang Utara IX (Jakarta Selatan) dan Waduk Ria Rio di Jakarta Timur.

1. Dinas SDA diminta mencari permasalahan terkait banjir di lapangan

Jakarta Masuk Musim Hujan, Ini Upaya Pemprov DKI Cegah Banjir Banjir di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Selasa (22/9/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Sri meminta Dinas Sumber Daya Air (SDA) mendata semua permasalahan yang ditemukan di lapangan. Nantinya, kata Sri, masalah itu nanti dibahas dalam rapat.

"Sehingga permasalahan wilayah bisa diatasi," ujarnya.

Baca Juga: 3 Orang Tewas dan 282 Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Sukabumi

2. Pemprov DKI Jakarta masifkan gerebek lumpur

Jakarta Masuk Musim Hujan, Ini Upaya Pemprov DKI Cegah Banjir Dinas Sumber Daya Air melakukan gerakan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk mencegah banjir pada Senin (21/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga melaksanakan program bernama gerebek lumpur. Gerebek lumpur merupakan kegiatan mengeruk lumpur di danau, sungai, dan waduk secara masif ini dilakukan untuk mengurangi proses pendangkalan dengan alat berat tiga kali lipat lebih banyak dari biasanya agar tidak terjadi pendangkalan.

Kepala Dinas SDA, Juaini Yusuf, menyampaikan bahwa pengerukan telah dilakukan sejak bulan Maret. Dengan dilaksanakannya kegiatan Gerebek Lumpur, ia berharap pencegahan banjir dapat dilakukan secara maksimal.

"Kegiatan ini kita lakukan secara masif. Mulai dari saluran mikro, saluran makro, kali-kali PHB, kali-kali besar mau pun waduk," kata Juaini.

3. Gerebek lumpur terus dilakukan meski ada pandemik COVID-19

Jakarta Masuk Musim Hujan, Ini Upaya Pemprov DKI Cegah Banjir Dinas Sumber Daya Air melakukan gerakan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk mencegah banjir pada Senin (21/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Juaini mengatakan, Pemprov DKI Jakarta terus bekerja untuk mencegah banjir meski ada pandemik COVID-19. Sebab, ia yakin masyarakat menantikan hasil kinerja pencegahan banjir di ibu kota.

"Ini kita lakukan untuk mencegah atau pun mengurangi adanya genangan nanti di musim hujan. Meski pun ini di tengah kondisi COVID-19, petugas-petugas dari sudin (suku dinas) mau pun dinas tetap melaksanakan kegiatan, karena masyarakat menunggu hasil dari yang kita lakukan pada hari ini," kata Juaini.

Baca Juga: Waspada! Ahli Hidrologi Prediksi Potensi Banjir Susulan di Sukabumi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya