Comscore Tracker

Jaksa Sebut Rizieq Shihab Berlebihan dan Mendramatisir Pembelaan

Rizieq meminta polisi dan jaksa bertobat dalam pembelaannya

Jakarta, IDN Times - Rizieq Shihab kembali menjalani sidang dengan agenda mendengarkan pendapat Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas nota pembelaan terdakwa. JPU menilai Rizieq berlebihan atau lebay dalam menyampaikan pembelaan.

"Eksepsi terdakwa terlalu berlebih-lebihan dan mendramatisir suatu keadaan dengan tujuan menciptakan opini. Terdakwa bersumpah bahwa manusia tidak beragama yang memfitnah undangan agama sebagai hasutan kejahatan," kata Jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Selasa (30/3/2021).

1. Jaksa sebut Rizieq tak mencontohkan pribadi baik sebagai pemuka agama

Jaksa Sebut Rizieq Shihab Berlebihan dan Mendramatisir PembelaanPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jaksa menilai pernyataan pendiri Front Pembela Islam itu tidak mencerminkan pribadi yang baik. Padahal Rizieq merupakan pemuka agama dengan pengikut yang banyak

"Kata-kata pada akhir eksepsi di halaman 7 berbunyi kepolisian dan kejaksaan segera bertaubat sebelum kena azab Allah SWT. Inilah contoh kata-kata yang tidak perlu dipertontonkan sebagai orang yang paham etika," kata Jaksa.

 

Baca Juga: Tak Banyak Simpatisan Datang ke Sidang Rizieq Shihab di PN Jaktim

2. Dalam nota pembelaan, Rizieq minta polisi dan jaksa segera bertobat

Jaksa Sebut Rizieq Shihab Berlebihan dan Mendramatisir PembelaanPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Pada sidang sebelumnya, Rizieq meminta polisi dan jaksa segera bertobat. Dalam pembelaannya, Rizieq menyebut bahwa hanya manusia tak beragama yang menganggap undangan beribadah sebagai hasutan.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa hanya manusia tidak beragama atau anti-agama yang memfitnah undangan ibadah sebagai hasutan kejahatan. Karenanya, melalui sidang ini saya serukan kepada polisi dan jaksa, segera bertobat kepada Allah SWT sebelum kalian terkena azab Allah," kata Rizieq.

3. Pengacara sebut isi pembelaan Rizieq mencerminkan orang yang terzalimi

Jaksa Sebut Rizieq Shihab Berlebihan dan Mendramatisir PembelaanSekretaris Bantuan Hukum FPI Aziz Yanuar (IDN Times/Aryodamar)

Pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menyebut bahwa kliennya merupakan orang yang terzalimi. Menurutnya, orang yang terzalimi berhak mengatakan yang sebenarnya.

"Pihak yang terzalimi berhak mengatakan bahasa yang sebenarnya meskipun itu kasar," ujar Aziz selepas sidang.

Baca Juga: 2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan Diperketat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya