Comscore Tracker

Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Dibuka Mulai 7 Juni, Siap-Siap Gowes!

Bakal ada lajur khusus road bike terpisah dari lajur sepeda

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI mulai membuka jalur Road Bike mulai Senin, 7 Juni 2021. Namun, jalur itu hanya akan tersedia pada pukul 05.00-06.30 WIB.

"Mulai hari Senin, akan dilaksanakan pula uji coba lintasan road bike di Jalan Sudirman-Thamrin yang akan berlaku selama jam 5.00-6.30 WIB," ucapnya di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (6/6/2021). 

"Jadi uji coba akan dilaksanakan seminggu ke depan, Senin sampai Jumat pada pagi hari akan ada lintasan road bike," tambahnya.

Baca Juga: Ingin Goweser Dapat Insentif, Anies: Misalnya Diberikan Kredit Sepeda

1. Bakal ada jalan khusus road bike

Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Dibuka Mulai 7 Juni, Siap-Siap Gowes!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Syafrin menjelaskan, nantinya bakal disediakan khusus lajur untuk road bike pada pukul 05.00-06.30 WIB. Namun, tak akan ada pembatas antara lajur road bike dan kendaraan bermotor.

"Jadi diarahkan seluruh penggiat roadbike menggunakan lajur paling kiri," jelasnya.

2. Semua pihak diimbau taat peraturan

Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Dibuka Mulai 7 Juni, Siap-Siap Gowes!Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Syafrin mengimbau setiap pihak mematuhi rambu-rambu lalu lintas di kawasan Sudirman-Thamrin selama pelaksanaan uji coba road bike tersebut. Selain itu, bakal ada petugas di lapangan yang berjaga.

"Sehingga tercipta kondisi keselamatan dan keamanan dan kenyamanan kita dalam bermobilitas harian," kata Syafrin.

Baca Juga: Opsi Tilang Road Bike Dikaji, Sepeda atau KTP Pesepeda Bisa Disita!

3. Petugas kepolisian bakal ditambah untuk bersiaga

Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Dibuka Mulai 7 Juni, Siap-Siap Gowes!Kadishub DKI dan Dirlantas Polda Metro meninjau jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman (Dok. Istimewa)

Wakil Kepala Dirlantas Polda Metro Jaya Rusdy Pramana mengatakan selama uji coba pihaknya akan mengerahkan petugas lebih banyak untuk bersiaga. Nantinya petugas bakal lebih melakukan upaya preentif dan preventif selama uji coba jalur road bike tersebut.

"Kemudian pada pukul 06.30 WIB ke atas selama kurang lebih satu minggu ini petugas kami juga sudah kami arahkan dan sudah siap di lapangan. Selama satu minggu ini juga sudah mulai kita preentif kami arahkan bagi kendaraan yang tidak bermotor, khususnya di sudirman thamrin untuk masuk ke dalam jalurnya," jelasnya.

Baca Juga: Viral! Pemotor Acungkan Jari Tengah ke Rombongan Pesepeda, Ada Apa?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya