Comscore Tracker

Jepara Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami 

Getaran terasa hingga Denpasar

Jakarta, IDN Times - Gempa tekntonik berkekuatan 6,1 magnitudo terjadi pada Selasa (7/7/2020) di wilayah laut Jawa. Gempa yang terjadi pukul 05.54 WIB ini disebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 539 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta.

1. Getaran gempa terasa dari Yogyakarta hingga Denpasar

Jepara Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut dia, getaran gempa tersebut dirasakan di daerah Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta, dan Mataram pada skala III MMI, dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seperti ada truk berlalu. Getaran akibat gempa juga dirasakan di Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri, dan Kebumen pada skala II-III MMI.

Selain itu, gempa tersebut getarannya dirasakan di Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, wonosobo, Magelang, Purbalingga, dan Gianyar pada skala II MMI, getaran yang dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 6.1 Di Jepara

2. Belum ada laporan kerusakan

Jepara Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Rahmat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut. Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 06.50 WIB belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan.

Rahmat mengimbau warga tetap tenang serta memeriksa bangunan tempat tinggal untuk mengetahui dampak gempa dan menghindar dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

3. Energi gempa menjangkau wilayah yang jauh karena sejumlah faktor

Jepara Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, Tidak Berpotensi Tsunami Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta Nugroho Budi W menjelaskan bahwa energi gempa yang besar mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang. Selain faktor sumber gempa, ia menjelaskan, kondisi geologi lokal juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," kata dia seperti dilansir Antara, Selasa (7/7/2020.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Magnitudo Melanda Jepara

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya