Jokowi Minta Novel Baswedan Cs Gak Dipecat, KPK: Kami Sejalan!

"Kami sejalan dengan pandangan presiden."

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron memastikan lembaga antirasuah menuruti perintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang meminta penyidik senior Novel Baswedan dan 74 pegawai lain yang tak lolos tes wawasan kebangsaan tidak dipecat.

"Kami sejalan dengan pandangan presiden," ujar Ghufron saat dikonfirmasi, Senin (17/5/2021).

1. KPK tegaskan proses peralihan status ASN tak rugikan pegawai

Jokowi Minta Novel Baswedan Cs Gak Dipecat, KPK: Kami Sejalan!(Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron) ANTARA FOTO/Aditya Putra Pradana

Ghufron mengatakan, KPK juga akan menaati putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan MK menyebutkan bahwa proses peralihan status pegawai KPK gak boleh merugikan pegawai.

"Kami akan menggunakan hasil tes wawasan kebangsaan (75 Pegawai) sebagai proses pemetaan untuk pembinaan," jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] KPK: Ajudan Azis Syamsuddin Sempat Hubungi Penyidik KPK

2. Jokowi minta 75 pegawai KPK gak dipecat

Jokowi Minta Novel Baswedan Cs Gak Dipecat, KPK: Kami Sejalan!Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Jokowi meminta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk kembali merancang tindak lanjut terkait nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

Jokowi tidak ingin tes tersebut justru memberhentikan ke-75 pegawai KPK, termasuk Novel Baswedan sebagai penyidik senior.

"Hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK, baik terhadap individu-individu maupun institusi KPK, dan tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes," tegas Jokowi.

KPK harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terbaik dan berkomitmen tinggi terhadap upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, dia meminta agar pengalihan status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi bagian dari upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis.

"Kalau dianggap ada kekurangan saya berpendapat masih ada peluang untuk memperbaiki, melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan dan perlu dilakukan segera langkah-langkah perbaikan di level individual maupun organsisasi," tutur Jokowi.

3. Jokowi minta nasib Novel Cs dipikirkan

Jokowi Minta Novel Baswedan Cs Gak Dipecat, KPK: Kami Sejalan!ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jokowi meminta pimpinan KPK, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, hingga Kepala BKN untuk menindaklanjuti nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan itu. Ia tak ingin pegawai KPK dirugikan dengan peralihan status jadi ASN.

"Saya minta kepada para pihak terkait, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB dan Kepala BKN untuk merancang tindak lanjut bagi program 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes, dengan prinsip-prinsip sebagaimana saya sampaikan tadi," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta Hasil Tes ASN Tak Dijadikan Dasar Pecat 75 Pegawai KPK  

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya