Jokowi Pamerkan Pencapaiannya Selama Jadi Presiden, Apa Saja?

Salah satunya program untuk millennial loh!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memamerkan pencapaian pemerintahan yang dipimpinnya melalui siaran di lima stasiun televisi nasional, Minggu (13/1).

Dalam pemaparannya selama sekitar 30 menit, Jokowi menjelaskan digunakan untuk apa saja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (ABPN) selama pemerintahannya, salah satunya untuk pembangunan infrastruktur.

1. Infrastruktur dinilai bisa membuat Indonesia mampu bersaing dengan negara lain

Jokowi Pamerkan Pencapaiannya Selama Jadi Presiden, Apa Saja?ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi mengatakan bahwa tak ada satupun negara maju yang tak punya infrastruktur yang baik. Menurutnya Indonesia adalah negara yang besar sehingga infrastruktur merupakan syarat dan fondasi bagi emajuan bangsa.

"Infrastruktur itu bisa berupa jalan desa, jembatan desa, bisa pelabuhan kecil, besar, airport, pembangkit listrik juga telekomunikasi. Infrastruktur inilah yang akan membawa kita bisa menang dalam berkompertisi dengan negara lain," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai Ada yang Bilang Indonesia Punah

2. Dalam empat tahun Jokowi habiskan Rp187 Trilliun yang dialokasikan untuk dana desa, ini hasilnya

Jokowi Pamerkan Pencapaiannya Selama Jadi Presiden, Apa Saja?IDN Times/ Helmi Shemi

Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 ini juga mengungkapkan bahwa selama empat tahun menjabat ia telah mengucurkan lebih dari Rp187 Trilliun yang dialokasikan khusus dana desa. Ia mengatakan dana tersebut digunakan untuk membangun 158 ribu Km jalan, 6.900 pasar desa, 1 juta 20 ribu Meter jembatan desa, 39 ribu unit irigasi, dan 3 ribu embung yang dibangun.

3. Jokowi telah meminimalisir permasalahan millennial yang ingin punya rumah sendiri

Jokowi Pamerkan Pencapaiannya Selama Jadi Presiden, Apa Saja?Setkab.go.id/Oji/Humas

Salah satu permasalahan yang dihadapi millennial menurut Jokowi adalah banyak yang belum mampu beli rumah sendiri karena harganya mahal. Untuk mengatasinya, mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan kalau pemerintahan yang dipimpinnya telah membangun lebih dari 3 juta rumah untuk keluarga muda dengan uang muka dan bunga berbeda.

"Fasilitas uang muka dan bunga berbeda karena itu disubsidi APBN sehingga memudahkan keluarga muda mendapatkan rumah," ujarnya.

4. Jokowi sering buat keputusan di lapangan

Jokowi Pamerkan Pencapaiannya Selama Jadi Presiden, Apa Saja?Jalan Trans-Papua (Setkab.go.id/ BPMI)

Jokowi mengaku bahwa salah satu permasalahan yang sering menghambat pembangunan infrastruktur adalah pembebasan lahan dan tanah sehingga hal tersebut membuatnya lebih sering turun langsung ke lapangan. Hal tersebut dilakukan agar dirinya mengetahui permasalahan yang dihadapi. Bahkan tak jarang ia langsung membuat keputusan di lapangan.

"Sering saya memutuskan di lapangan secara cepat. Ini adalah keputusan politik yang kadang-kadang harus nabrak, harus tegas," ujarnya

Baca Juga: Jokowi Janji Permudah Millennials Punya Rumah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya