Comscore Tracker

Jokowi Soal Audrey: Saya Perintahkan Kapolri Tegas Menangani Ini!

Kita harus siap hadapi pola interaksi sosial yang berubah

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini, beredar viral kasus seorang anak bernama Audrey, siswi SMP, dirundung oleh sejumlah pelajar SMU di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebuah petisi bertajuk 'Polda Kalbar, Segera Berikan Keadilan untuk Audrey #JusticeForAudrey!' pun beredar luas di masyarakat dan hingga artikel ini dibuat, sudah lebih dari 3,3 juta orang menandatanganinya.

Kabar tersebut sampai ke telinga Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo. Berikut respons Jokowi di sela-sela agendanya di Stadion Tenis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

 

Baca Juga: Soroti Kasus Audrey, Sandiaga: Pendidikan Akhlak Perlu Diterapkan

1. Jokowi perintahkan Kapolri menangani dengan tegas

Jokowi Soal Audrey: Saya Perintahkan Kapolri Tegas Menangani Ini!Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan bahwa ia sedih dengan peristiwa itu dan telah mengarahkan Kapolri Tito Karnavian untuk menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Kita semuanya sedih, kita semuanya berduka atas peristiwa perundungan itu," kata Jokowi pada Rabu (10/4).

2. Jokowi menduga ada pola interaksi yang salah

Jokowi Soal Audrey: Saya Perintahkan Kapolri Tegas Menangani Ini!unsplash/ChristianWiediger

Jokowi menduga ada pola interaksi sosial antarmasyarakat yang sudah berubah lewat media sosial. Ia pun meminta agar semua kalangan hati-hati dengan hal tersebut.

"Ini adalah masa transisi yang kita semua harus hati-hati. Terutama, awasi betul anak-anak kita. Jangan sampai terjebak pada pola interaksi sosial yang sudah berubah, tetapi kita belum siap," pinta Jokowi.

3.Semua perlu bertanggung jawab

Jokowi Soal Audrey: Saya Perintahkan Kapolri Tegas Menangani Ini!Instagram

Jokowi berpendapat bahwa pola interaksi saat ini sudah berubah sehingga orang tua, guru, masyarakat, harus bersama-sama merespons perubahan yang ada, meluruskan hal yang tidak betul di lapangan.

"Ini harus disikapi bersama-sama, karena ada sebuah pergeseran, masa transisi, pola interaksi sosial antarmasyarakat yang berubah karena keterbukaan media sosial," ucap Jokowi.

4. Jokowi kembali mengimbau lewat akun Instagram

Jokowi Soal Audrey: Saya Perintahkan Kapolri Tegas Menangani Ini!INSTAGRAM/jokowi

Jokowi kembali menunjukkan bentuk simpatiknya lewat unggahan pada akun Instagram, Rabu (10/4).

"Saya telah mendengar tentang peristiwa yang menimpa seorang anak kita, siswi SMP di Pontianak, Kalimantan Barat, yang dikabarkan menjadi korban perundungan beberapa anak lain. Kita semua sedih dan marah dengan kejadian ini. Saya telah meminta Kepala Kepolisian RI untuk bertindak tegas menangani kasus ini. Penanganannya harus bijaksana dan berjalan di koridor undang-undang yang sesuai, mengingat para pelaku dan korban masih di bawah umur. Yang pasti adalah, kita sedang menghadapi masalah perubahan pola interaksi sosial antarmasyarakat."

Baca Juga: Hasil Visum Audrey Tunjukkan Tidak Ada Kekerasan Pada Organ Vital

Topic:

  • Elfida

Just For You