Comscore Tracker

Juliari Buka Suara soal Uang Suap Bansos Mengalir ke Cita Citata

Juliari ngaku mengundang Cita Citata bukan idenya

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara mengakui Kementerian Sosial pada masa kepemimpinannya pernah menyewa pedangdut Cita Citata untuk hiburan usai Rapat Pimpinan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, hal itu sudah biasa terjadi.

Juliari mengatakan, ada sejumlah artis yang dipanggil. Salah satunya adalah pedangdut Cita Citata.

"Iya ada beberapa artis antara lain Cita Citata," kata Juliari dalam sidang perkara korupsi Bansos COVID-19 yang dihadiri secara virtual pada Senin (19/7/2021).

1. Mengundang Cita-Citata bukan ide Juliari

Juliari Buka Suara soal Uang Suap Bansos Mengalir ke Cita CitataJuliari Batubara. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Juliari mengatakan bahwa ide mengundang Cita Citata bukan berasal darinya. Menurutnya ide tersebut muncul dari Direktorat Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial (Limjamsos) Kementerian Sosial.

"Seingat saya itu usulan tim Dirjen Limjamsos, ada Sekjen juga. Karena tiap rapim ada hiburannya di akhir," ujar Juliari.

Baca Juga: Fakta-Fakta Cita Citata Terseret Kasus Korupsi Bansos COVID-19

2. Juliari gak tahu soal biaya mengundang Cita-Citata

Juliari Buka Suara soal Uang Suap Bansos Mengalir ke Cita CitataMenteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Mantan kader PDI Perjuangan itu mengaku tak tahu sumber dana yang dipakai untuk menyewa Cita Citata meski sat itu masih menjadi Menteri Sosial. Namun, menurutnya kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab Dirjen Limjamsos.

"Setahu saya kita gak pernah ada ketua panitia, tapi tuan rumahnya dirjen A, otomatis penanggungjawabnya dirjen A," ujarnya.

3. Cita Citata mengaku tak kenal Juliari Batubara

Juliari Buka Suara soal Uang Suap Bansos Mengalir ke Cita Citatainstagram.com/cita_citata

Sebelumnya, Cita Citata disebut dalam dakwaan yang disusun Jaksa Penuntut Umum KPK untuk Juliari Batubara. Artis dangdut itu disebut kecipratan uang suap bansos untuk upahnya sebagai pengisi acara di rapat pimpinan Kementerian Sosial di Labuan Bajo.

Usai diperiksa KPK beberapa waktu lalu, Cita Citata mengatakan bahwa dirinya mengisi acara Kemensos itu berkat diundang event organizer yang menjadi pihak ketiga. Sehingga, ia tak mengenal mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang jadi tersangka dalam kasus ini.

"Juliari Batubara ini juga gak saya kenal," jelasnya.

Baca Juga: Juliari Bantah Perintahkan Anak Buah Kutip Biaya Vendor Bansos COVID

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya