Comscore Tracker

Jumlah Pasien Isolasi Mandiri di Rusun Pasar Rumput Menurun 

Pasar Rumput jadi salah satu tempat isolasi di di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Jumlah pasien isolasi mandiri COVID-19 di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, mulai menurun. Meski bertambah 26 pasien, namun jumlah pasien isolasi mandiri di lokasi tersebut sudah menurun dalam beberapa hari terakhir.

"Iya, bertambah 26 orang. Sebelumnya 453 pasien, tapi minggu-minggu ini secara umum ada penurunan masyarakat yang isolasi di sini," kata Koordinator Operiasional 1 Isolasi Terpadu Rusun Pasar Rumput, Letnan Satu Dicky Budi Nur Cahya seperti dilansir ANTARA pada Kamis (5/8/2021).

1. Kini ada 722 pasien COVID-19 yang dirawat di RS Pasar Rumput

Jumlah Pasien Isolasi Mandiri di Rusun Pasar Rumput Menurun Presiden Jokowi tinjau Rusun Pasar Rumput (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Hingga saat ini terdapat 479 pasien isolasi mandiri di Rusun Pasar Rumput. Jumlah tersebut terdiri dari 219 laki-laki dan 260 perempuan. Secara kumulatif, sudah terdapat 722 pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rusun Pasar Rumput

Dicky mengatakan, Rusun Pasar Rumput menyediakan 1.659 tempat tidur untuk merawat pasien isolasi mandiri yang terdiri dari tiga menara. Namun, saat ini baru satumenara  yang dipakai untuk isolasi mandiri untuk pasien COVID-19 bergejala ringan dan tanpa gejala.

3. Fasilitas isolasi mandiri di Jakarta Selatan tersisa di Rusun Pasar Rumput

Jumlah Pasien Isolasi Mandiri di Rusun Pasar Rumput Menurun Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau sekaligus memastikan kesiapan Rumah Susun Pasar Rumput yang berlokasi di Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat (25/6/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta))

Kepala Suku Dinas Kesejatan Jakar Selatan Hemi mengatakan bahwa Rusun Pasar Rumput merupakan satu-satunya tempat isolasi terpusat yang masih digunakan saat ini di Jakarta Selatan. Sebab, kasus aktif COVID-19 di Jakarta Selatan disebut mulai menurun.

"Saat ini ke Rusun Pasar Rumput. LPMP dan Garaha Wisata Ragunan sementara diistirahatkan. Bukannya sisa, yapi yang digunakan, ujar Helmi.

3. Sebanyak 3,5 juta orang di Indonesia terpapar COVID-19

Jumlah Pasien Isolasi Mandiri di Rusun Pasar Rumput Menurun Petugas kesehatan mendampingi pasien COVID-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tiba di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Hingga Rabu, 4 Agustus 2021 jumlah kasus COVID-19 di Indonesia secara akumulasi telah mencapai 3,5 juta orang dengan kasus aktif sebanyak 524.011 pasien. Dari jumlah tersebut, sebanyak 100.636 orang telah meninggal dunia dan 2,9 juta lainnya sembuh.

Sementara, di Jakarta secara akumulasi tercatat sudah ada 823.346 kasus positif COVID-19 dengan kasus aktif sebanyak 14.351 pasien. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12.514 orang telah meninggal dunia dan 796.381 orang sembuh.

Baca Juga: Ini Persyaratan Pasien Positif COVID-19 yang Dirawat di Rumah Oksigen

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya