Kabar Gembira! 9 Ribu Titik Wifi Gratis akan Tersebar di Jakarta

WiFi gratis ini bisa dipakai gak cuma buat belajar saja!

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program JakWIFI pada Jumat (28/8/2020). JakWIFI adalah program penyediaan wifi secara gratis di 5 wilayah kota dan 1 kabupaten administrasi.

Program JakWIFI akan terlebih dahulu difokuskan pada kawasan permukiman padat penduduk di Jakarta.

1. JakWiFi bukan cuma untuk pendidikan

Kabar Gembira! 9 Ribu Titik Wifi Gratis akan Tersebar di JakartaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan kehadiran JakWIFI bertujuan bukan hanya untuk pendidikan, tetapi juga bagian dari penyediaan infrastruktur kota dan perluasan akses internet untuk kebutuhan masyarakat yang melingkupi banyak sektor, dari pendidikan, ekonomi/usaha, layanan pemerintah, dan komunikasi warga.

"Ketika terjadi pandemik ini, begitu banyak dari kita yang harus mengubah pola belajar, pola kerja. Sesuatu yang biasanya dikerjakan jarak dekat, sekarang serba dikerjakan jarak jauh. Dan ketika mengubah, kemudian ternyata muncul satu sisi adalah tantangan, tapi sisi lainnya adalah peluang. Jadi, yang sekarang terjadi adalah satu transformasi," ujar Anies.

2. Masyarakat Jakarta diharapkan bisa jadi pembuat konten

Kabar Gembira! 9 Ribu Titik Wifi Gratis akan Tersebar di JakartaIlustrasi Bekerja Redaksi News (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Adanya wifi gratis ini diharapkan bisa membuat masyarakat Jakarta terlibat dalam kegiatan digital bukan hanya sebagai konsumen, tapi menjadi pembuat konten. Sebab, di dalam kegiatan digital ini, ada yang menjadi konsumen, ada yang menjadi produsen.

"Adanya akses wifi gratis harus dimanfaatkan bukan hanya untuk menyerap informasi, tapi justru untuk bisa menciptakan informasi. Juga buat anak-anak kita. Kita berharap yang nanti bisa belajar memanfaatkan wifi gratis ini bisa ikut di dalam memberikan gagasan, ide tentang proses pembelajaran jarak jauh yang lebih menyenangkan, yang lebih memudahkan," kata Anies.

3. Dalam dua bulan ke depan ada 9 ribu titik wifi gratis di Jakarta

Kabar Gembira! 9 Ribu Titik Wifi Gratis akan Tersebar di JakartaKepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, mengatakan saat ini tersedia 4.956 titik akses yang sedang ditingkatkan kapasitasnya secara bertahap. Perluasan penyediaan akses internet ini ditargetkan lebih dari 9 ribu titik akses selama dua bulan ke depan.

Perluasan penyediaan akses internet tersebut melalui tiga skema, yaitu melalui layanan Pemprov DKI Jakarta di gedung pemerintahan, taman, RPTRA, sekolah-sekolah negeri, dan daerah-daerah yang tidak terjangkau atau tidak diminati penyedia layanan internet gratis, berkolaborasi melalui pemanfaatan bersama titik akses dengan penyedia jasa telekomunikasi, dan penyediaan titik akses melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).  

Baca Juga: Dosen, Mahasiswa, Guru, dan Siswa Bakal Dapat Kuota Internet Gratis!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya