Kampung Akuarium Anies Dibangun Tidak Pakai Dana APBD 

Anggarannya capai Rp62 miliar dari pengembang tapi bukan KLB

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko, mengatakan bahwa anggaran pembangunan Kampung Susun Akuarium sebesar Rp62 miliar tidak bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Sarjoko, menjelaskan bahwa dana yang digunakan disebut merupakan kewajiban pembiayaan pembangunan rumah susun murah atau sederhana dari pengembang. Namun, hal tersebut berbeda dengan denda koefisien lantai bangunan (KLB)

"Kalau KLB terkait sanksi. Kalau (anggaran) kewajiban ya pemenuhan pembangunan rusun sederhana atas ijin pemanfaatan ruang oleh pengembang," Jelas Sarjoko, Selasa (18/8/2020).

1. Anggaran membangun Kampung Akuarium masih perlu dikaji

Kampung Akuarium Anies Dibangun Tidak Pakai Dana APBD Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Sarjoko (IDN Times/Aryodamar)

Pada saat peresmian pembangunan kembali Kampung Akuarium, Sarjoko menyebut bahwa anggaran yang digunakan sejauh ini, mencapai Rp62 miliar. Namun, anggaran keseluruhan masih dalam tahap perhitungan karena masih ada fasilitas lainnya yang didata.

"Kebutuhan total anggaran masih perlu dihitung ulang oleh Perencana karena ada penyesuaian kebutuhan dilapangan, termasuk memindahkan atau membangun baru musala yang awalnya dipojok dipindah ke arah tengah," jelasnya.

Sarjoko juga tidak menutup kemungkinan sumber dana lainnya, apabila PT Almaron Perkasa selaku pengembang tidak memiliki cukup dana.

Baca Juga: Pembangunan Kampung Akuarium yang Pernah Digusur Ahok Telan Rp62 M!

2. Kampung Susun Akuarium ditargetkan selesai Desember 2021

Kampung Akuarium Anies Dibangun Tidak Pakai Dana APBD Desain akhir kampung Akuarium (Instagram.com/kampung_akuarium)

Sebelumnya, Sarjoko mengatakan Kampung Susun Akuarium ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Nantinya, kampung ini akan terdiri dari 5 blok dan 241 unit hunian tipe 36.

"Pembangunan kampung susun Akuarium direncanakan dapat diselesaikan pada Desember 2021 atau lebih cepat dari waktunya," ujar Sarjoko.

3. Kampung Susun Akuarium diharapkan jadi contoh

Kampung Akuarium Anies Dibangun Tidak Pakai Dana APBD Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat Kapal Pinisi dari warga Kampung Akuarium (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa dalam menyiapkan pembangunan kembali Kampung Susun Akuarium, Pemprov DKI Jakarta melibatkan empat komponen yakni masyarakat, ahli, fasilitator, dan pemerintah. Menurut Anies, aspirasi masyarakat dibahas bersama hingga muncul sebuah konsep Kampung Susun.

"Jadi kita berharap nantinya ini bisa menjadi contoh bagaimana kita melakukan penamaan kampung yang ada di Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Kampung Akuarium Resmi Dibangun Anies Lagi, Rampung Akhir 2021

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya