Kapan Bioskop di Jakarta Dibuka? Hanya Anies dan Tuhan yang Tahu

"Belum tahu tanggal berapa..."

Jakarta, IDN Times - Pengelola bioskop di Jakarta disebut telah mengajukan izin beroperasi kembali di tengah pandemik COVID-19. Namun, hingga saat ini belum diketahui kapan bioskop di ibu kota kembali dibuka.

"Belum tahu tanggal berapa, hanya Pemda dan Tuhan yang tahu. Doain saja, lah," ujar Ketua Perhimpunan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020).

1. Pengelola bioskop baru diminta buat proposal

Kapan Bioskop di Jakarta Dibuka? Hanya Anies dan Tuhan yang TahuPekerja menggunakan alat pelindung wajah saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sejauh ini, kata Djonny, Pemprov DKI Jakarta baru meminta pengelola bioskop mengajukan proposal saja. Proposal itu berisi penerapan protokol kesehatan yang bakal diberlakukan saat bioskop dibuka.

"Mereka minta masukan, bikin proposal apalah, kita sudah serahkan. Mereka teliti, godok, lalu nanti dari situ jadi juknis," jelasnya.

Baca Juga: Ini Alasan Wiku Sebut Nonton Bioskop Bisa Meningkatkan Imun

2. Anies ungkap rencana pembukaan bioskop

Kapan Bioskop di Jakarta Dibuka? Hanya Anies dan Tuhan yang TahuGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan Anies dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies, Rabu (26/8/2020).

3. Pembukaan bioskop di tengah pandemik COVID-19 dinilai bisa tingkatkan imunitas

Kapan Bioskop di Jakarta Dibuka? Hanya Anies dan Tuhan yang TahuIlustrasi Bioskop di Era New Normal (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sementara itu, Satgas Penaganan COVID-19 mengizinkan bioskop beroperasi di tengah pandemik karena meyakini bahwa menonton bioskop diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia.

"Bioskop dan memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Pemprov DKI: Belum Ada Pengelola Bioskop di Jakarta Ajukan Izin Buka

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya