Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Siapa Saja? 

Direktur KPK juga ikut dirotasi Kapolri

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah perwira tinggi Polri. Kali ini ada tujuh kapolda yang dirotasi.

Rotasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/2568/XII/KEP./2021, yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Sutrisno Wahyu Widada pada17 Desember 2021.

"Ya benar proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Siapa saja perwira Polri yang dirotasi?

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Curhat ke Jokowi, Ngaku Kekurangan Pegawai 

1. Kapolri rotasi Kapolda Bengkulu, Maluku, dan Kalimantan Barat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Siapa Saja? Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemantauan terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2021). (IDN Times/Istimewa).

Posisi Kapolda Bengkulu saat ini diduduki Irjen Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri. Ia menggantikan Irjen Guntur Setyanto yang pensiun tahun ini.

Lalu, Kapolda Maluku akan diisi Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai kapolda Nusa Tenggara Timur. Ia menggantikan Irjen Refdi Andri yang dimutasi ke Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Posisi Kapolda Kalimantan Barat yang sebelumnya diisi Irjen Remigius Sigid Trihardjanto akan diisi Irjen Suryanbodo. Remigius akan menjadi Kadivkum Polri menggantikan Suryanbodo.

2. Mohammad Iqbal bakal jadi Kapolda Riau

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Siapa Saja? Kapolda NTB Irjen pol Mohammad Iqbal/dok. Humas Polda NTB

Irjen Mohammad Iqbal yang sebelumnya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengisi posisi Kapolda Riau, yang ditinggalkan Irjen Agung Setya. Agung dimutasi untuk mengisi Asops Kapolri.

Lalu, jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan diisi Irjen Imam Sugianto setelah meninggalkan jabatan Asops Kapolri. Kemudian, Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kaltim dirotasi sebagai Kasespim Lemdiklat Polri.

3. Deputi Penyidikan KPK dirotasi jadi Kapolda NTT

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Siapa Saja? Direktur Penyidikan KPK Setyo Budiyanto (Dok. Humas KPK)

Kapolri juga merotasi Brigjen Setyo Budiyanto menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), yang ditinggalkan Irjen Lotharia. Sebelumnya, Setyo merupakan Pati Bareskrim Polri yang mendapat penugasan sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Mabes Polri Rotasi 229 Perwira Polri, Ini Daftarnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya