Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK Lagi

Brigita Manohara sempat serahkan Rp480 juta ke KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Presenter TV nasional Brigita Manohara. Ia akan diperiksa terkait dugaan korupsi Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

"(Pemeriksaan) bertempat di Gedung Merah Putih KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Jumat (28/7/2022).

1. Brigita Manohara sempat serahkan Rp480 juta ke KPK yang didapat dari Ricky Ham Pagawak

Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK LagiBrigita Manohara dikenal sebagai salah satu presenter berita salah satu televisi swasta. (Instagram/brigitamanohara)

Brigita Manohara sempat mengakui mendapat sejumlah aliran dana dan hadiah dari Ricky Ham Pagawak. Uang itu disebutnya sebagai apresiasi dari Ricky atas kerjanya sebagai presenter dan konsultan komunikasi.

Uang itu telah dikembalikan pada KPK. Ali Fikri menyebut, uang yang diterima dari Brigita berjumlah Rp480 juta.

Baca Juga: Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati Mamberamo

2. KPK juga periksa Nowela Idol

Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK Lagipotret Nowela Idol (Instagram.com/Mikhelia)

Selain Brigita, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua saksi lainnya. Salah satu sosok yang diperiksa adalah penyanyi jebolan Indonesian Idol, Nowela Elizabeth Mikelia Aupara.

Adapun sosok lainnya yang diperiksa bernama Jemmy Suhadi. KPK menyebut Jemmy merupakan seorang wiraswasta.

3. Bupati Mamberamo Tengah masih jadi buronan KPK

Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK LagiBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

Diketahui, politikus Partai Demokrat itu saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, Tim KPK masih menganalisa keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Serahkan Diri ke KPK, Mardani Maming Heran Dianggap Buronan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya