Comscore Tracker

Kerap Diserobot Pemotor, Penegakan Aturan di Jalur Sepeda Harus Tegas

Jalur sepeda di era Gubernur Fauzi Bowo usianya gak panjang

Jakarta, IDN Times - Uji coba jalur sepeda di wilayah DKI Jakarta sudah berlangsung selama sembilan hari. Namun, hingga saat ini masih ditemukan pelanggaran di jalur tersebut.

Pelanggaran mulai dari pengendara sepeda motor yang melintas, dijadikan tempat parkir, hingga beberapa waktu lalu petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta sempat mendapat perlawanan dari warga.

Lantas, upaya apa yang harus dilakukan Pemprov DKI agar pelanggar jera?

1. Pemprov DKI Jakarta harus terapkan aturan tegas

Kerap Diserobot Pemotor, Penegakan Aturan di Jalur Sepeda Harus TegasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Penasihat komunitas Bike to Work, Toto Sugito mengatakan, pihaknya sebenarnya menyambut baik langkah Pemprov DKI menyediakan jalur sepeda di Jakarta. Namun, menurutnya pengadaan jalur sepeda mesti dibarengi dengan penerapan aturan yang ketat, agar jalur-jalur sepeda yang ada steril dari kendaraan lain yang mengganggu pesepeda.

Sebenarnya, pengadaan jalur sepeda di Jakarta bukan hal baru di Jakarta. Pada masa pemerintahan Fauzi Bowo hal tersebut sudah dicanangkan di sejumlah kawasan di Jakarta. Namun, kawasan tersebut tak terpakai karena tak ada aturan tegas dari pemerintah.

"Sebenarnya jalur sepeda itu sudah mulai dibangun tahun 2010 di BKT dan ada jalur sepeda juga ada Kebayoran Baru dari mulai kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Tapi itu semua hanya memberi marka jalan. Sekadar ada. Jadi mubazir. Karena apa? karena tidak ada peraturan atau perangkat hukum yang mendukung fasilitas tersebut," kata Toto saat dihubungi wartawan, Minggu (29/9).

Baca Juga: Anies Baswedan Targetkan Panjang Jalur Sepeda di Jakarta Capai 500 Km

2. Patroli di jalur sepeda setiap tiga jam

Kerap Diserobot Pemotor, Penegakan Aturan di Jalur Sepeda Harus TegasIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengklaim pihaknya sudah melakukan patroli khusus setiap tiga jam sekali di semua jalur sepeda yang ada. 

Meski demikian, tindakan tegas bagi pelanggar di jalur sepeda baru diterapkan pada November 2019 mendatang atau ketika masa uji coba berakhir. Toto pun berharap rencana itu bisa berjalan

"Mereka bakal menempatkan petugas sepanjang rute sepeda, apa iya sepanjang jalur itu? Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan rencana," jawab Toto.

3. Masih banyak pelanggaran

Kerap Diserobot Pemotor, Penegakan Aturan di Jalur Sepeda Harus TegasIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Meski sudah ada patroli, pelanggaran di jalur sepeda tetap saja terjadi. Pantauan IDN Times di sejumlah ruas jalan terdapat pelanggaran seperti kendaraan lain yang menerobos jalur sepeda, dibuat jadi tempat parkir, bahkan warga yang melawan petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Baca Juga: Dishub DKI Jakarta: Jalur Sepeda Diterima Masyarakat Menengah ke Atas

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya