Ketika Jokowi ’Mainkan’ Dua Peran dalam Semalam

Jokowi bicara sebagai capres sekaligus Presiden RI

Jakarta, IDN Times – Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo sempat berpidato sebelum berangkat kunjungan kerja bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Osaka, Jepang. Yang menarik, Jokowi tampak ‘memainkan’ dua peran yang berbeda ketika berpidato.

Pertama, ia berpidato sebagai calon presiden RI 2019-2024 didampingi calon wakil presiden, Ma’ruf Amin. Saat itu Jokowi hanya memakai kemeja lengan panjang berwarna putih dipadukan dengan celana bahan berwarna hitam.

Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi seluruh rakyat Indonesia dan berharap semuanya kembali bersatu. "Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia," ujar Jokowi.

Usai berpidato, giliran Ma’ruf yang berbicara. Kali ini Jokowi hanya diam berdiri mendampingi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berbicara. Setelah selesai, keduanya kembali masuk ke dalam gedung tempat keduanya nonton bareng siaran langsung sidang putusan sengketa Pemilihan Presiden 2019.

Baca Juga: Jokowi: Saya Meyakini Kebesaran Hati Prabowo dan Sandiaga

Ketika Jokowi ’Mainkan’ Dua Peran dalam SemalamIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sesaat kemudian Jokowi muncul kembali dan ‘memainkan’ peran keduanya sebagai Presiden RI. Ia tampil beda dengan setelan jas warna hitam yang dipadukan dasi warna merah terang. Jika dalam peran pertama didampingi Ma’ruf, kini Jokowi didampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Kepada jurnalis, Jokowi menyampaikan rencananya kunjungan kerja ke Osaka, Jepang. Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 ini menjelaskan dia akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 untuk berbicara mengenai sejumlah isu di hadapan pemimpin dunia.

“Saya akan bicara dua hal. Pertama berkaitan dengan inovasi digital ekonomi dan mengatasi kesenjangan," ungkap Jokowi.

Setelah pidato keduanya selesai, Jokowi langsung naik ke pesawat bersama sang istri, Iriana. Kepergiannya dilepas oleh sejumlah tokoh seperti Jusuf Kalla, Ma’ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh.

Baca Juga: Pidato Lengkap Jokowi Selama 7 Menit Usai Putusan MK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya