Comscore Tracker

Ketinggian Air Mencapai 8 Cm, Begini Kronologi Banjir di RSCM

Petugas masih membersihkan sisa banjir

Jakarta, IDN Times - Sejumlah ruangan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu malam hingga Minggu (23/2) dini hari.

Pantauan IDN Times di lokasi, terdapat ruangan kotor akibat banjir yang sedang dibersihkan petugas. Sejumlah kursi nampak masih berserakan di pelataran rumah sakit.

Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto menjelaskan kronologi banjir melanda rumah sakit, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Banjir pada pukul 05.00 WIB ketinggian air mencapai 8 cm

Ketinggian Air Mencapai 8 Cm, Begini Kronologi Banjir di RSCMRumah Sakit Cipto Mangunkusumo (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Ananto menjelaskan pada pukul 05.00 WIB, banjir menggenang selasar Gedung GH RSCM setinggi delapan sentimeter. Akibatnya, sejumlah ruangan yang berada di dekat lokasi, yakni ruang radiologi dan radioterapi tergenang.

Ananto mengklaim genangan di ruangan tersebut berhasil diatasi pada pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: RSCM Terendam Banjir, Petugas Damkar Bantu Bersihkan Lumpur

2. Alat-alat medis terendam banjir masih terus dicek

Ketinggian Air Mencapai 8 Cm, Begini Kronologi Banjir di RSCM(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Meski sejumlah ruangan terendam banjir, Ananto memastikan, pelayanan pasien di RSCM tidak gerganggu dan tetap berjalan baik di ruang instalasi gawat darurat (IGD) maupun di ruang rawat inap.

Tim Fasmed RSCM saat ini masih mengecek alat-alat medis radioterapi dan radiologi yang terendam banjir.

"Sepanjang pemantauan belum ditemukan kerusakan yang berarti," ujar Ananto.

3. Sejumlah alat-alat kesehatan terendam banjir

Ketinggian Air Mencapai 8 Cm, Begini Kronologi Banjir di RSCMKondisi RSCM yang terendam banjir dari akun Twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo. (Twitter/@aw3126)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo melalui akun Twitter sebelumnya mengungkapkan, ada sejumlah alat kesehatan di RSCM terendam banjir.

"Alat yg kebanjiran: Stationary xray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary xray floor, Mobile xray, 2 unit ct scan,1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam, Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam," cuit Agus di akun Twitternya.

Baca Juga: RSCM Kebanjiran, Sejumlah Alat Kesehatan Terendam

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya