Ketua DPRD DKI Amuk Guru Pembuat Soal 'Anies-Mega'

Anies disebut diejek Mega dalam soal itu

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini beredar viral di media sosial sebuah foto mengenai soal ujian di SMP 250 Cipete, Jakarta Selatan yang menyebut nama Gubernur Anies Baswedan dan Mega. Salah satu contoh soalnya menyebut bahwa Anies diejek oleh Mega.

Hal ini menuai kontroversi, karena dianggap menghina Presiden kelima Megawati Soekarnoputri. DPRD DKI Jakarta pun langsung memanggil Dinas Pendidikan dan pihak terkait soal tersebut.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi pun tak kuasa menahan emosinya ketika hadir dalam rapat di Komisi E DPRD DKI Jakarta. Ia meminta penjelasan guru pembuat soal Anies-Mega tersebut.

"Kenapa punya insting buat Anies dan Bu Mega? Yang di otak bapak apa sih buat soal seperti itu? Bapak kan seorang guru," ujar Prasetyo di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Kemudian, guru SMP 250 Cipete yang membuat soal, yakni Sukirno, pun menjawab kenapa dua nama tokoh politik tersebut bisa muncul dalam soal ujian.

"Demi Allah Pak, saya tidak punya niat apa-apa,"ujar Sukirno menjawabnya.

1. Ketua DPRD ngamuk ke pembuat soal

Ketua DPRD DKI Amuk Guru Pembuat Soal 'Anies-Mega'(Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi menunjukkan tanda terima bukti pelaporan LHKPN) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Politikus PDI Perjuangan itu menilai soal yang dibuat Sukirno dapat memprovokasi masyarakat di Jakarta. Sebab, kondisi politik saat ini yang sedang panas akan membuat masyarakat bisa terpecah belah hanya karena persoalan ini. lagi

"Bapak mau memprovokasi dari luar. Lo hebat? Lo jagoan? Lo jagoan begini?" Kata dia.

2. Ketua DPRD sebut soal tersebut bisa mendoktrin pelajar

Ketua DPRD DKI Amuk Guru Pembuat Soal 'Anies-Mega'IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pada salah satu soal yang beredar, terdapat contoh kasus bahwa Gubernur Anies sering diejek Mega. Lantas, Pras menyimpulkan sosok itu merupakan Megawati Soekarnoputri dan Anies Baswedan.

"Karena di sini ada bahasa gubernur, di sampingnya ada Bu Megawati ini kan menarik sekali untuk doktrin anak kecil. Kok bisa buat soal begitu?" ujar Pras.

3. Pembuat soal sudah ditegur Dinas Pendidikan

Ketua DPRD DKI Amuk Guru Pembuat Soal 'Anies-Mega'Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdianah dan Wakil Kepala Dinas Syaefullah (IDN Times/Aryodamar)

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, pihaknya telah memberikan teguran kepada guru tersebut. Sebab, Dinas Pendidikan tidak pernah membuat soal seperti itu.

"Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan Guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," kata Nahdiana dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/2/2020).

"Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," lanjut dia.

Baca Juga: Anies Didesak Gratiskan Wifi untuk Belajar Online di Jakarta, Setuju?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya