Ketua KPK Firli Bahuri Galau Usai 113 Pegawai Positif COVID-19

"Situasi saat ini betul-betul memukul kita"

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa galau karena kasus virus corona tak terbendung di kantornya. Ia mengungkapkan ada 113 pegawai KPK yang positif COVID-19. 

"Situasi saat ini betul-betul memukul kita, semua aktivitas terganggu dan kegiatan masyarakat keseharian juga terganggu. Kami pun di KPK merasa imbasnya, kita terpaksa mengatur tata cara kerja dan mekanisme kerja di seluruh unit kerja baik di bidang pendidikan masyarakat , pencegahan dan monitoring, serta bidang penindakan," ujar Firli dalam pesannnya, Selasa (6/7/2021).

1. Firli akui tak ada satu pun bagian di KPK yang aman dari COVID-19

Ketua KPK Firli Bahuri Galau Usai 113 Pegawai Positif COVID-19Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan audiensi di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Firli menegaskan pihaknya sudah mengutamakan keselamatan setiap orang di KPK agar terhindar dari COVID-19. Namun, nyatanya 113 pegawai tak terhindarkan dari virus corona. 

"Saat ini pegawai yang terkonfirmasi positif lebih dari 113 pegawai tersebar di Kesekjenan, Kedeputian dan tidak ada satuan kerja yang benar-benar bebas dan steril dari rentan COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Bertambah, 113 Pegawai KPK Positif COVID-19!

2. KPK lakukan sejumlah upaya prioritaskan keselamatan pegawai

Ketua KPK Firli Bahuri Galau Usai 113 Pegawai Positif COVID-19Firli Bahuri. (IDN Times/Aryodamar)

Jenderal bintang tiga Polri itu mengaku telah melakukan sejumlah upaya agar lingkungan KPK dan para pegawainya terhindar dari COVID-19. Di antaranya, mengatur mekanisme kerja hingga membuat skala prioritas pekerjaan.

"Masing-masing Deputi mengatur pekerjaan yang sangat prioritas tidak bisa ditunda, prioritas tapi bisa diatur waktu penyelesaian dan rutin, atau pun bisa dijadwal lebih lanjut," ujarnya. 

"Prinsipnya, kita tidak mengesampingkan keselamatan pegawai," tambah Firli.

3. Firli harap Indonesia segera bangkit dari pandemik COVID-19

Ketua KPK Firli Bahuri Galau Usai 113 Pegawai Positif COVID-19Ketua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Firli pun berharap tidak ada lagi pegawainya yang terpapar virus corona. Menurutnya, tidak menambah pegawai yang positif COVID-19 itu juga sebuah prestasi dalam segi keselamatan jiwa dan itu hukum tertinggi. 

"Semoga kita bisa lewati situasi COVID-19 dan indonesia menjadi negara pemenang, yaitu terwujudnya Indonesia yang sehat, Indonesia cerdas, dan Indonesia yang sejahtera," ujar Firli.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Harian COVID-19 RI Jadi yang Tertinggi Kedua di Dunia

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya