Komjen Polisi Iriawan Dilantik Sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat

Kemendagri mengklaim pelantikannya sudah sesuai aturan

Jakarta, IDN Times - Mantan Kapolda Metro Jaya, Irjen (Pol) Muhammad Iriawan akhirnya resmi menjadi orang nomor satu di Jawa Barat menggantikan Ahmad "Aher" Heryawan pada Senin (18/6). Aher akhirnya lengser pada 13 Juni lalu karena telah menjabat sebagai gubernur sebanyak dua periode dari 2008 hingga 2018.

Ia dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung Merdeka, Bandung Jawa Barat pagi tadi. Pria yang akrab disapa oleh Iwan Bule itu sempat mengejutkan beberapa pihak karena sempat diberitakan dibatalkan pelantikannya. Namun, Presiden Joko "Jokow" Widodo justru meneken Keppres pelantikan Iwan Bule sebagai pejabat sementara sebelum Idul Fitri kemarin.

Iriawan dilantik berdasarkan Keppres 106/b/tahun 2018 yang dikeluarkan pada 8 Juni 2018. Apa tanggapan Kemendagri terhadap tudingan sengaja melantik Iriawan demi mengamankan Pilkada di Jawa Barat?

1. Iriawan janji penuhi kewajiban sesuai dengan peraturan  

Komjen Polisi Iriawan Dilantik Sebagai Pejabat Gubernur Jawa BaratANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Di depan para tamu undangan, Iriawan membacakan sumpahnya untuk melakukan tugas sebagai pejabat Gubernur Jawa Barat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Demi Allah saya bersumpah, (saya) akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan segala selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Iriawan di gedung Merdeka.

2. Iriawan juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat

Komjen Polisi Iriawan Dilantik Sebagai Pejabat Gubernur Jawa BaratANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sebelum dilantik sebagai pejabat Gubernur Jawa Barat, Iriawan pernah mengemban tugas sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Sementara, saat di Mabes Polri, ia menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Operasi ke Pati Staf Sumber Daya Manusia Mabes Polri.

Pelantikan Iriawan turut dihadiri oleh pejabat gubernur sebelumnya, Ahmad "Aher" Heryawan. Di hadapan tamu yang hadir, Aher mengucapkan selamat bekerja kepada rekannya itu.

"Selamat bekerja untuk sahabat saya, Pak Iriawan. Beliau adalah mantan Kapolda Jawa Barat. Kami menyebutnya Pak Iwan Bule," ujar Aher.

3. Kemendagri klaim pelantikan sudah sesuai aturan

Komjen Polisi Iriawan Dilantik Sebagai Pejabat Gubernur Jawa BaratANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, pelantikan Iriawan sudah sesuai aturan yang berlaku. Ia menjelaskan dalam pelantikan Iriawan, tentu Kemendagri telah mempertimbangkan aturan hukum yang digunakan.

"Dalam Pasal 201 UU Pilkada disebutkan dalam mengisi kekosongan jabatan Gubernur diangkat Penjabat Gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan pelantikan Gubernur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujar Bahtiar seperti dilansir laman Kemendagri pada hari ini.

Topik:

Berita Terkini Lainnya