Comscore Tracker

Kondisi Tanah Abang Jelang Lebaran: Ramai Pedagang, Sepi Pelanggan

Banyak aparat yang berjaga di sekitar Pasar Tanah Abang

Jakarta, IDN Times - Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat sempat menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu karena pengunjung yang membeludak di saat pandemik COVID-19 masih mengancam ibu kota. Bahkan, saat itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pangdam Jaya Dudung Abdurrahman, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran langsung datang ke lokasi dan melaksanakan rapat dadakan.

Kondisi tersebut pada Sabtu (8/5/2021) sudah tak ditemukan lagi. Pantauan IDN Times di lokasi, kondisi Tanah Abang cenderung lengang meski pedagang tetap ramai.

1. Ada sejumlah aparat gabungan yang berjaga di Tanah Abang

Kondisi Tanah Abang Jelang Lebaran: Ramai Pedagang, Sepi PelangganSuasana Pasar Tanah Abang jelang lebaran pada Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Walau kondisi Tanah Abang lebih lengang dari sebelumnya, puluhan aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, hingga Satpol PP berjaga di sejumlah titik. Mereka mengatur lalu lintas, pergerakan orang, dan memastikan semua pihak menaati protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Meski demikian, sejumlah orang di beberapa titik lokasi masih terpantau tak memakai masker dengan baik dan benar.

Baca Juga: 7 Potret Kerumunan Masyarakat Padati Pasar Tanah Abang Hari Ini

2. Banyak pedagang berjualan di trotoar

Kondisi Tanah Abang Jelang Lebaran: Ramai Pedagang, Sepi PelangganKasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi. (IDN Times/Aryodamar)

Ramainya pedagang di kawasan Tanah Abang cukup berbeda dari biasanya. Bahkan, ada pedagang yang mengambil hak pejalan kaki dengan menggelar dagangannya di trotoar.

Hal senada juga diutarakan Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi. Ditemui di lokasi, Lilik mengatakan bahwa sejumlah pedagang di trotoar itu baru terlihat menjelang lebaran, padahal biasanya tidak ada.

"Ini yang jual di trotoar kemarin gak ada nih," ujarnya.

3. Tanah Abang disebut mulai ramai saat Ramadan

Kondisi Tanah Abang Jelang Lebaran: Ramai Pedagang, Sepi PelangganSuasana Pasar Tanah Abang jelang lebaran pada Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Lilik menjelaskan, kondisi Tanah Abang saat ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun kali ini baik pedagang maupun pembelinya sudah lebih teratur. Menurutnya, kondisi ramainya Tanah Abang sudah muncul ketika memasuki bulan Ramadan.

"Awal Ramadan masih biasa, tapi ada peningkatan sampai (sekitar) 70 persen," ucapnya.

Baca Juga: KRL Tanah Abang Ditiadakan, Pengamat: Cuma Pindahkan Masalah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya