Comscore Tracker

KPK Ajak Publik Bantu Cari Buronan Harun Masiku, Termasuk ICW

KPK sudah bidik sejumlah lokasi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak publik termasuk Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk membantu mencari keberadaan eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku yang masih buron. KPK berharap, siapa pun yang menemukan Harun bisa melaporkan kepada KPK.

"Prinsipnya, seorang buronan atau DPO apabila ada masyarakat siapa pun yang mengetahui keberadaan atau paling gak mirip lah, boleh lapor pada kami. Kalau gak percaya boleh ikut juga, tapi biaya sendiri. Misalnya kami ke mana, saya akan cek, misalnya nanti dengan bantuan kepolisian, kami siap," ujar Deputi Penindakan KPK, Karyoto, Jumat (20/5/2022).

"Artinya, kami tidak menutup diri. Mau ICW sekalipun, boleh, kasih tahu saya," sambungnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Sebut Buronan KPK Tak Akan Nyenyak, Termasuk Harun Masiku

1. KPK sudah bidik sejumlah lokasi

KPK Ajak Publik Bantu Cari Buronan Harun Masiku, Termasuk ICWDeputi Penindakan KPK Karyoto (dok. Humas KPK)

Karyoto mengatakan, pihaknya sudah membidik sejumlah lokasi yang diduga disinggahi Harun Masiku. Namun, rinciannya tidak akan diungkapkan kepada publik.

"Mudah-mudahan ada masyarakat yang melihat ada di Indonesia, lebih cepat. Kalau ada di luar Indonesia, kalau di mana pun, sebenarnya kalau foto biometrik dari orang-orang WNI yang sempat menyeberang bisa di-detect. Kalau keberadaannya di mana belum tahu, kalau tahu sudah ditangkap," jelasnya.

2. KPK sebut kritik ICW sebagai obat

KPK Ajak Publik Bantu Cari Buronan Harun Masiku, Termasuk ICWDeputi Penindakan KPK Karyoto (dok. Humas KPK)

KPK tidak masalah dengan kritik yang dilontarkan ICW. Namun, Karyoto menolak apabila KPK disebut enggan mencari Harun.

"Kritikan dari ICW bagi kami adalah pil sehat yang mendorong semangat kami menangkap DPO yang masih menjadi utang," ujarnya.

3. ICW sebut Firli Bahuri enggan berhadapan dengan tokoh politik besar

KPK Ajak Publik Bantu Cari Buronan Harun Masiku, Termasuk ICWKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Sebelumnya, ICW mengkritik langkah KPK dalam mencari Harun Masiku. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai, Ketua KPK Firli Bahuri enggan menghadapi aktor politik besar yang ada di balik Harun.

"Kami menduga, sumber persoalan pencarian Harun Masiku dikarenakan KPK, khususnya Firli, takut berhadapan dengan seorang aktor politik besar yang selama ini berada di balik buronan tersebut. Sebab, jika Harun Masiku ditangkap, maka aktor politik besar itu sudah barang tentu akan turut diproses hukum," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jumat (20/5/2022).

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya