KPK Akan Gelar Seleksi untuk Cari Pengganti Karyoto yang Jadi Kapolda

Karyoto ditunjuk Kapolri jadi Kapolda Metro Jaya

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar seleksi terbuka secara terbatas untuk mencari pengganti Irjen Karyoto yang ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Metro Jaya. Namun, untuk sementara kosongnya posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK akan diisi oleh Pelaksana Tugas.

"Kami sementara akan menunjuk pelaksana tugas sambil menyiapkan seleksi terbuka terbatas untuk pejabat definitifnya," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, Rabu (29/3/2023).

1. Karyoto sudah tiga tahun berkarier di KPK

KPK Akan Gelar Seleksi untuk Cari Pengganti Karyoto yang Jadi KapoldaDeputi Penindakan KPK Karyoto (IDN Times/Aryodamar)

Karyoto dilantik sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK pada April 2020. Nawawi menilai sudah waktunya Karyoto kembali ke instansi asalnya.

"Memang sepertinya suda waktunya kan," ujar Nawawi.

Baca Juga: Kapolri Angkat Irjen Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya Gantikan Fadil

2. Ketua KPK apresiasi Kapolri

KPK Akan Gelar Seleksi untuk Cari Pengganti Karyoto yang Jadi KapoldaKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Terpisah, Ketua KPK Firli Bahuri mengucapkan selamat atas ditunjukkanya Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya. Ia juga mengapresiasi langkah Kapolri menarik Karyoto ke institusi asalnya.

"Terima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan amanah kepada insan KPK yang bersumber dari Polri, Bapak Karyoto, atas promosi jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya," ujar Firli Bahuri.

3. Karyoto gantikan Fadil Imran jadi Kapolda Metro Jaya

KPK Akan Gelar Seleksi untuk Cari Pengganti Karyoto yang Jadi KapoldaDeputi Penindakan KPK Karyoto (IDN Times/Aryodamar)

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Karyoto menjadi Kapolda Metro Jaya. Ia menggantikan Fadil Imran yang dimutasi sebagai Kabaharkam Polri.

Adapun Irjen Fadil menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto yang dimutasi dalam rangka pensiun.

Mutasi tersebut termuat dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Baca Juga: Jadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto Punya Harta Rp7,7 Miliar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya