KPK Bantah Terlibat Pembuatan Soal Tes Wawasan Kebangsaan: Itu BKN!

KPK sebut ada pertanyaan tentang cara beribadah dan keluarga

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri membantah pihaknya terlibat dalam penyelenggaraan Tes Wawasan Kebangsaan. Tes tersebut kini tengah menjadi kontroversi karena sejumlah pertanyaan yang termasuk di dalamnya.

"Seperti dijelaskan sebelumnya, Assesment Tes Wawasan Kebangsaan ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ujar Ali dalam keterangannya, Jumat (5/5/2021).

1. BKN disebut libatkan lima instansi lain dalam tes wawasan kebangsaan

KPK Bantah Terlibat Pembuatan Soal Tes Wawasan Kebangsaan: Itu BKN!Plt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Ali menjelaskan, BKN melibatkan sejumlah instansi lain dalam melaksanakan tes wawasan kebangsaan. Instansi tersebut adalah Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis TNI (BAIS-TNI), Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintel TNI AD), Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (DISPSIAD), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

"Semua alat tes berupa soal dan materi wawancara disusun oleh BKN bersama lembaga-lembaga tersebut. Sebelum melaksanakan wawancara telah dilakukan penyamaan persepsi dengan pewawancara dari beberapa lembaga tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Ada Soal Ucapan Natal dan Pacaran di Tes Wawasan Kebangsaan KPK?

2. KPK sebut ada pertanyaan tentang cara beribadah dan keluarga

KPK Bantah Terlibat Pembuatan Soal Tes Wawasan Kebangsaan: Itu BKN!Gedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan, dalam pelaksanaan wawancara ada pertanyaan yang dikembangkan dari tes tertulis yang sudah berlangsung sebelumnya. Ia mengungkapkan, ada sejumlah pertanyaan dalam tes tersebut yang berkaitan dengan hal pribadi.

"Dari informasi yang kami terima dari pegawai KPK, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab oleh pegawai beberapa diantaranya misalnya berkaitan dengan tata cara beribadah dan pilihan hidup berkeluarga," jelasnya.

3. KPK terima masukan publik

KPK Bantah Terlibat Pembuatan Soal Tes Wawasan Kebangsaan: Itu BKN!Ilustrasi gedung Merah Putih KPK (www.instagram.com/@official.kpk)

KPK pun menerima masukan publik yang mempertanyakan relevansi beberapa materi dalam wawancara yang tidak berhubungan dengan Tupoksi KPK. Menurut Ali hal ini bisa menjadi masukan bagi penyelenggara asesmen. 

"Kami menggarisbawahi bahwa asesmen tes tertulis dan wawancara ini difokuskan untuk mengukur penguatan integritas dan netralitas ASN," katanya.

Baca Juga: Busyro Muqqodas: Tidak ada Taliban di KPK, Itu Hoaks Buzzer!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya