Comscore Tracker

KPK Didemo Massa BEM SI, Firli Bahuri Malah Terbang ke Jambi

KPK menyebut ada agenda yang harus dihadiri Firli di Jambi

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak berada di Gedung Merah Putih, Setiabudi, Jakarta Selatan ketika aliansi massa BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menggeruduk Gedung KPK pada Senin (27/0/2021). Hal itu pertama kali diungkapkan oleh orator di mobil komando di lokasi. 

Ketika dikonfirmasi, Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri membenarkan hal tersebut. Firli dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda di Jambi. 

"Benar (sedang di Jambi)," ujar Ali Fikri.

1. Ada sejumlah agenda yang dihadiri Firli di Jambi

KPK Didemo Massa BEM SI, Firli Bahuri Malah Terbang ke JambiKetua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan keterangan terkait pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). KPK resmi melantik 1.271 pegawai yang lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menjadi ASN. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Dalam keterangan tertulis Juru Bicara bidang Pendidikan KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan, ada sejumlah agenda yang dihadiri Firli. Agenda tersebut antara lain yakni Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah Se-Provinsi Jambi, Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi DPRD se-Jambi, Rapat Koordinasi APH se-Jambi, dan Rapat Monitoring dan Evaluasi (monev) UKPBJ Pemprov Jambi. 

Lalu ada pula Rapat Optimalisasi Pendapatan dan Pembenahan Aset Pemprov Jambi, Rapat Optimalisasi Pendapatan dan Aset Daerah Pemko Jambi, Rapat dengan Bank Jambi terkait implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), dan Tinjauan Lapangan Aset Bermasalah. 

"Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi upaya penguatan tata kelola pemerintahan daerah yang baik. KPK telah memetakan dan mengidentifikasi titik rawan korupsi di daerah, yang meliputi delapan area intervensi yang terangkum dalam Monitoring Center for Prevention (MCP)," jelas Ipi.

Baca Juga: Massa BEM SI Geruduk Gedung KPK, Serukan Firli Bahuri Dipecat!

2. Massa tuntut Firli Bahuri dipecat

KPK Didemo Massa BEM SI, Firli Bahuri Malah Terbang ke JambiAksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Dalam aksinya, massa yang tergabung dari berbagai universitas di Indonesia ini membawa spanduk dan poster orasi, bendera Merah Putih dan organisasi. Selain itu, beberapa orang bergantian berorasi di mobil komando menyampaikan sejumlah pendapatnya seperti mendesak Firli mundur. 

"Pecat, pecat, pecat si (Ketua KPK) Firli," teriak massa yang dipandu dari mobil komando.

3. Aparat mengerahkan hingga 600 personel gabungan

KPK Didemo Massa BEM SI, Firli Bahuri Malah Terbang ke JambiAksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Untuk mengamankan aksi massa ini, aparat mengerahkan hingga 600 personel gabungan di lokasi. Bahkan, petugas memakai alat pelindung diri (APD) disiagakan di lokasi. 

"Jangan sampai nanti kalster (penularan virus corona) di sini, kita siap dengan personel yang ber-APD. Itu pun kalau terpaksa kira gunakan, mengingat ini masa pandemi," ujar Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Baca Juga: Polisi Siapkan Petugas Berbaju APD saat Demo BEM SI di KPK 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya