Comscore Tracker

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di 5 Wilayah

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka acara

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada 9 Desember 2021. Acara ini akan digelar di lima wilayah dan akan dibuka oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Lima wilayah tersebut adalah Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, NTT, dan Jakarta.

"Jadi nanti pembukaan oleh Bapak Presiden, penutupan oleh Bapak Wakil Presiden dengan Kementerian terkait, termasuk Kapolri dan Jaksa Agung, ada sekitar 14 kementerian hadir," ujar Pelaksana Tugas Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan Wibisono dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: KPK Gelar 7 Kali Operasi Tangkap Tangan dalam 11 Bulan, Ini Daftarnya!

1. Hakordia 2021 mengusung tema 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di 5 WilayahPlt Deputi Koordonasi dan Supervisi KPK Yudhiawan saat Konferensi pers Hakordia 2021. (dok. Humas KPK)

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 ini akan mengusung tema 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Tema ini dipilih berdasarkan hasil rapat yang dilakukan internal KPK.

"Melalui tema ini, KPK ingin mendorong seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hakordia tahun 2021 yang dilaksanakan sejak 11 November 2021," jelas Yudhiawan.

2. Hakordia diselenggarakan untuk memperkuat sinergitas

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di 5 WilayahPlt Deputi Koordonasi dan Supervisi KPK Yudhiawan saat Konferensi pers Hakordia 2021. (dok. Humas KPK)

Yudhiawan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Hakordia adalah untuk memberikan bentuk dukungan dan perkembangan atas peran serta pemberantasan korupsi yang sudah dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha termasuk masyarakat sipil. Selain itu, KPK ingin memperkuat sinergi dengan pihak lainnya.

"Kami ingin memperkuat sinergi dan kolaborasi antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha dan organisasi masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi," jelasnya.

3. Rincian kegiatan Hakordia 2021

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di 5 WilayahKonferensi pers Hakordia 2021 (dok. Humas KPK)

Berikut adalah rincian kegiatan Hakordia 2021 di wilayah di Indonesia:

  1. Kendari (1 Desember 2021)
    Acara: Seminar dengan tema tentang 'Transformasi Perizinan Berbasis Risiko Dalam Perizinan Tambang'
  2. Banjarmasin (2 Desember 2021)
    Acara: Seminar bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan topik 'Penguatan Transparansi dan Akuntabilitas Pengadaan Barang dan Jasa'
  3. Pekanbaru (6 Desember 2021)
    Acara: Rapat Koordinasi Aparat Penegak Hukum dan akan dihadiri oleh Pimpinan KPK, Menteri Hukum dan HAM, Kepala BPKP, Kabareskrim, dan Jampidsus
  4. NTT (7 Desember 2021)
    Acara: KPK bekerjasama dengan PLN akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Sertifikasi dan Penyelamatan Aset BUMN dan Daerah, serta Launching Modul JAGA PPJ
  5. Jakarta (9 Desember 2021)
    Acara: Acara puncak di Gedung Merah Putih KPK mengundang Presiden Jokowi dan jajarannya

Baca Juga: KPK akan Dilibatkan Dalam Formula E, Kenapa?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya