Comscore Tracker

KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Cirinya

Bupati Mamberamo diduga kabur ke Papua Nugini

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta bantuan National Central Bureau (NCB) Interpol untuk mencari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Politikus Partai Demokrat itu diduga kabur ke Papua Nugini.

"Kami juga sudah meminta kepada Bareskrim Polri, termasuk juga NCB Interpol tentunya untuk melakukan pencarian terkait dengan DPO (daftar pencarian orang) KPK ini (Ricky)," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

1. KPK ungkap ciri-ciri Bupati Mamberamo Tengah

KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini CirinyaBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (instagram.com/ricky_hampagawak)

KPK juga meminta bantuan publik untuk melaporkan pada pihak berwajib apabila menemukan Ricky Ham Pagawak. KPK menyebut, Ricky memiliki tinggi sekitar 160 Cm, berat sekitar 80 Kg, dan berambut hitam.

Meski meminta bantuan publik dan interpol, KPK membantah telah lepas tangan dalam hal ini. Namun, pemberantasan korupsi merupakan tanggung jawab semua pihak.

"Bukan berarti kemudian itu kan tanggung jawab KPK, betul itu adalah tanggung jawab KPK, tetapi pemberantasan korupsi adalah peran serta kita semua," ujar Ali.

2. Bupati Mamberamo Tengah diduga kabur dengan bantuan anggota TNI

KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini CirinyaBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_hampagawak)

Berdasarkan keterangan sumber yang enggan disebut namanya, Ricky Ham diduga mendapat bantuan anggota TNI untuk kabur. Atas hal ini, KPK telah berkoordinasi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

"Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat untuk bantuan menghadapkan anggotanya terkait permintaan keterangan oleh Tim Penyidik KPK," ujar Ali Fikri, Senin (1/8/2022) kemarin.

Berdasarkan keterangan sumber yang enggan disebutkan namanya, ada dua anggota TNI yang diduga membantu Ricky Ham Pagawak kabur. Salah satunya disebut berpangkat Dandim.

"Kami berharap dukungan dan bantuan dari pihak TNI sebagai bentuk sinergi penegak hukum, guna percepatan penyelesaian perkara ini sehingga kepastian hukum segera terwujud," ujar Ali.

Baca Juga: Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK Lagi

3. Bupati Mamberamo diduga kabur ke Papua Nugini

KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini CirinyaBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

Diketahui, Bupati Mamberamo Ricky Ham Pagawak saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, Tim KPK masih menganalisa keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya