Comscore Tracker

KPK Panggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Hari Ini

Agus disebut datang ke KPK jam 09.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang beserta jajarannya untuk hadir di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan hari ini, Kamis (14/7/2022). Pemanggilan ini berkaitan dengan pembekalan antikorupsi untuk penyelenggara negara di Kementerian Perindustrian.

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali menggelar Executive Briefing bagi para PN di lingkungan Kementerian Perindustrian," ujar Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ipi Maryati.

"Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Jenderal Dody Widodo, Inspektur Jenderal Masrokhan dan jajaran eselon satu lainnya yaitu lima direktur jenderal dan dua kepala badan di lingkungan Kemenperin beserta pasangan masing-masing dijadwalkan hadir secara langsung," sambungnya.

Baca Juga: KPK Cegah Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan ke Luar Negeri, Kenapa?

1. Ada dua program utama dalam PAKU Integritas

KPK Panggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Hari IniPlt Jubir KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati. (dok. Humas KPK)

Ipi menjelaskan,  program bernama Penguatan Antikorupsi bagi Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) ini punya dua kegiatan utama yakni pembekalan antikorupsi bagi penyelenggara negara dan pasangannya, serta diklat pembangunan integritas.

"Dalam kegiatan Executive Briefing ini, peserta akan mendapat pembekalan antikorupsi serta dialog terkait upaya inisiatif strategis, capaian, tantangan, dan kendala yang dihadapi dalam pemberantasan korupsi serta upaya pembangunan budaya integritas di kementerian/lembaga," jelas Ipi.

"Selain itu, pada sesi dialog antara KPK dan pasangan penyelenggara negara bertujuan untuk menggali dan meningkatkan kesadaran serta pemahaman antikorupsi berbasis keluarga," imbuhnya.

2. KPK dan Kemenperin telah bekerja sama dalam pemberantasan korupsi

KPK Panggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Hari IniPlt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding saat Konferensi pers Hakordia 2021. (dok. Humas KPK)

Dalam upaya pencegahan korupsi, kata Ipi, Kemenperin dan KPK telah bekerja sama dalam sejumlah program dan kajian yang dilakukan KPK, salah satunya terkait Survei Penilaian Integritas (SPI). Kemenperin termasuk dalam kategori 10 kementerian dengan hasil SPI tertinggi, yaitu meraih skor 85,52 dari skor rata-rata nasional 72,4. 

"Berdasarkan hasil SPI 2021 terdapat enam titik rawan korupsi di Kemenperin terkait penyalahgunaan fasilitas kantor, gratifikasi, suap, konflik kepentingan dalam pengadaan barang dan jasa, pengelolaan SDM, serta trading in influence," jelas Ipi.

"Dari hasil SPI tersebut, KPK juga telah memberikan rekomendasi dan bersama-sama Kemenperin menyusun rencana aksi perbaikan yang implementasinya dimonitor oleh KPK," sambungnya.

3. Firli Bahuri akan langsung memberi pembekalan bagi Agus Gumiwang dan jajarannya

KPK Panggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Hari IniKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Pembekalan antikorupsi akan disampaikan langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri dan jajarannya. Acara ini akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, KPK juga telah menyelenggarakan kegiatan serupa pada sejumlah kementerian dan lembaga lain. Adapun kementerian dan lembaga yang sudah datang ke KPK antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Baca Juga: KPK Jawab DPR: Lili Sudah Mundur, Kasus Etiknya Tak Bisa Dilanjutkan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya