KPK: PPATK Akan Blokir Safe Deposit Box Berisi Rp37 M Rafael Alun

Safe Deposit Box Rafael Alun ada di Bank BUMN

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron, membenarkan pihaknya menyaksikan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan safe deposit box milik pejabat Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

Menurut Ghufron, PPATK tengah berupaya memblokir safe deposit box milik Rafael berisi Rp37 miliar tersebut.

"Saat ini dalam proses pengamanan (blokir) yang merupakan wewenang PPATK," ujar dia kepada wartawan, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga: KPK Belum Terima Laporan Temuan Uang Rp37 Miliar Rafael Alun

1. KPK akan tindaklanjuti temuan PPATK

KPK: PPATK Akan Blokir Safe Deposit Box Berisi Rp37 M Rafael AlunWakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (IDN Times/Aryodamar)

Ghurfon memastikan KPK akan menindaklanjuti segala temuan PPATK yang berkaitan dengan Rafael Alun. KPK akan mencari unsur pidananya, termasuk dugaan suap.

"KPK akan menindaklanjuti sesuai kewenangan KPK," ujarnya.

2. Safe Deposit Box Rafael Alun ada di Bank BUMN

KPK: PPATK Akan Blokir Safe Deposit Box Berisi Rp37 M Rafael AlunRafael Alun Trisambodo (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, Kepala PPATK Ivan Yustivandana mengungkapkan pihaknya dan KPK menemukan safe deposit box berisi Rp37 miliar milik Rafael Alun Trisambodo. Safe deposit box itu terseimpan di salah satu bank BUMN.

Kendati, Ivan enggan menjelaskan lebih lanjut terkait penemuan tersebut. Namun, ia kembali menegaskan, uang puluhan miliar yang ditemukan itu dalam pecahan mata uang asing, tidak ada pecahan rupiah.

"Ya (ditemukan) tidak ada rupiahnya," tegasnya.

Baca Juga: PPATK Sudah Blokir Rp37 Miliar Rafael Alun di Safe Deposit Box

3. Lebih dari 40 rekening terkait Rafael Alun sudah diblokir PPATK

KPK: PPATK Akan Blokir Safe Deposit Box Berisi Rp37 M Rafael AlunMantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sebelumnya, PPATK juga telah memblokir rekening milik Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya, untuk kepentingan analisis yang tengah mereka dalami. Ivan menegaskan lebih dari 40 rekening yang diblokir itu atas nama Rafael dan keluarganya, serta perusahaan atau badan hukum. 

"Ya benar, ada lebih dari 40 rekening (diblokir)," ujar Ivan saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Bahkan dari jumlah 40 lebih rekening yang diblokir PPATK tersebut, kata Irfan, ditemukan nilai mutasi rekening mencapai lebih dari Rp500 miliar.

Ivan juga memastikan, nilai mutasi rekening tersebut datang dari rekening terkait Rafael, dan pihak-pihak lain yang diduga PPATK terlibat dengan Rafael.

"Itu mutasi rekening pada rekening yang kami bekukan. Bukan nilai dana. Nilai mutasi rekeningnya dalam periode 2019-2023," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya