KPK Segera Ungkap Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan SMKN 7 Tangsel

Dugaan korupsi di SMKN 7 Tangsel jadi perhatian khusus KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan bakal segera menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan (Tangsel) pada 2017. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, saat ini  pihaknya masih dalam tahap menunggu proses di internal sebelum penetapan tersangka.

"Saya yakin itu mestinya sih tidak terlalu lama," kata Alex.

1. KPK masih dalami dugaan korupsi pembangunan SMKN 7 Tangsel

KPK Segera Ungkap Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan SMKN 7 TangselDok. Instagram

Alex mengatakan, saat ini KPK masih mendalami dugaan korupsi tersebut. Ia meyakini harga tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangsel pada 2017 dibuat  jauh lebih tinggi demi keuntungan yang besar.

"Yang menjual tanah itu bukan pemilik tanah sebenarnya, ada surat kuasa penjual lah seperti itu, yang akhirnya harganya naik bisa 100 persen, kadang lebih," katanya.

Baca Juga: 86 Persen Maling Uang Rakyat Lulusan Perguruan Tinggi, Ini Kata KPK

2. Modus korupsi pembangunan SMKN 7 Tangsel dinilai mudah ditebak

KPK Segera Ungkap Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan SMKN 7 TangselWakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam Konferensi pers setelah acara PAKU Integritas yang diikuti Kemenkes di KPK pada Selasa (26/10/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Meski demikian, Alex tak merinci berapa harga yang disebutnya melambung tinggi iitu. Namun, modus dugaan korupsi itu dinilai mudah ditebak.

"Sebagaimana pengadaan tanah yang lain, itu kan sebetulnya modus-modus pengadaan tanah itu sederhana," ujar Alex.

3. Dugaan korupsi di SMKN 7 Tangsel jadi perhatian khusus KPK

KPK Segera Ungkap Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan SMKN 7 TangselSMK N 7 Tangerang Selatan. (facebook.com/smkn7tangsel)

Diketahui, KPK memberikan perhatian khusus dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di SMKN 7 Tangsel ini. Sebab, dugaan korupsi itu dilakukan pada sektor pendidikan yang penting bagi masa depan bangsa.

Saat ini KPK telah melakukan penggeledahan dan pemeriksaan sejumlah saksi terkait. Terakhir, KPK memeriksa Imam Supingi selaku Kepala Sekolah SMA 8 dan Farid Nurdiansyah selaku pihak swasta.

Baca Juga: Korupsi Pengadaan Tanah SMKN 7 Tangsel Jadi Perhatian Khusus KPK 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya