KPK soal Gubernur Papua Lukas Enembe: Tunggu Waktu yang Tepat

KPK masih lihat situasi di lapangan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu waktu yang tepat, dalam upaya memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe. Saat ini, KPK masih terus berkomunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

"Terkait dengan pemanggilan LE, kita masih dalam fokus pada koordinasi dengan Forkopimda, nanti ada perkembangan situasi dilaporkan, kapan waktu yang tepat," ujar Deputi Penindakan KPK, Karyoto, dalam konferensi pers yang dikutip dari YouTube KPK, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Kapolri Kerahkan 1.800 Personel untuk Jemput Lukas Enembe

1. KPK masih lihat situasi di lapangan

KPK soal Gubernur Papua Lukas Enembe: Tunggu Waktu yang TepatDeputi Penindakan KPK Karyoto (IDN Times/Aryodamar)

KPK mengklaim masih menunggu dan melihat situasi di lapangan. Meski begitu, lembaga antirasuah tidak akan lama dalam mengambil tindakan.

"Karena dalam hal ini kita nanti harus koordinasi dengan Menko Polhukam untuk langkah-langkah berikutnya," ujar Karyoto.

2. KPK terus selidiki kasus dugaan korupsi Lukas Enembe

KPK soal Gubernur Papua Lukas Enembe: Tunggu Waktu yang TepatGubernur Papua, Lukas Enembe (ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua)

Meski Lukas Enembe belum juga diperiksa KPK, penyidikan dugaan korupsi yang ia lakukan terus berlanjut. Hingga saat ini sejumlah pihak telah dimintai keterangan sebagai saksi.

Sosok yang telah diperiksa KPK dalam kasus ini adalah Pramugari RDG Airlines, Tamara Anggraeny. Kemudian, Pilot dan CEO RDG Airlines pun menyusul dipanggil sehari kemudian.

Baca Juga: Pramugari Ini Sebut Lukas Enembe Kerap ke Luar Negeri Naik Private Jet

3. Lukas Enembe sudah dicegah ke luar negeri

KPK soal Gubernur Papua Lukas Enembe: Tunggu Waktu yang TepatGubernur Papua, Lukas Enembe (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Diketahui, KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi. Namun, Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu belum ditahan. 

KPK juga belum merinci kasus dan pihak-pihak yang diduga terlibat. Perincian baru akan diungkap ketika upaya paksa penahanan Lukas Enembe dilakukan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya