KPK Telisik Dugaan Eks Penyidik Terima Suap dari Berbagai Pihak

Eks penyidik ini diduga terima suap dari Wakil Ketua DPR

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memeriksa mantan penyidik AKP Stepanus Robin dan advokat Maskur Husain sebagai tersangka dugaan suap. Keduanya diperiksa mengenai adanya dugaan aliran dana suap dari berbagai pihak untuk Stepanus. 

"Penyidik masih terus mendalami antara lain terkait dengan penerimaan sejumlah uang dari pihak-pihak lainnya, selain dari Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: KPK Lelang Barang Sitaan, Ada Tas Balenciaga dan Anting Emas Berlian

1. Stepanus Robin bantah terima suap dari pihak lain

KPK Telisik Dugaan Eks Penyidik Terima Suap dari Berbagai PihakPenyidik KPK Stepanus Robin Pattuju digiring petugas untuk mengikuti konferensi pers usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/4/2021). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sebelumnya, Stepanus Robin sempat membantah bahwa kasus ini melibatkan sejumlah pihak lain termasuk Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Padahal dalam vonis yang dijatuhkan Dewan Pengawas KPK, ia terbukti menerima suap dari beberapa pihak. 

"Gak. Itu sudah saya ubah semua, gak ada, sudah saya ralat semua," tegas Stepanus beberapa waktu lalu.

2. Stepanus Robin Pattuju sudah dipecat KPK

KPK Telisik Dugaan Eks Penyidik Terima Suap dari Berbagai PihakEks Penyidik KPK Stepanus Robin. (IDN Times/Aryodamar)

Selain ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi, Stepanus juga telah menjalani sidang etik oleh Dewan Pengawas KPK. Dewan Pengawas menjatuhkan sanksi pemecatan karena dia dinilai terbukti melanggar kode etik dengan menerima suap. 

Anggota Dewas KPK Albertina Ho menjelaskan, tindakan Robin tidak bisa diampuni karena dinilai sudah menyalahgunakan kepercayaan pimpinan dan instansi saat penanganan perkara. Dalam menimbang vonis, tidak ada hal yang meringankan untuk tindakan Robin. 

3. Stepanus diduga terima uang dari lima orang berbeda

KPK Telisik Dugaan Eks Penyidik Terima Suap dari Berbagai PihakPenyidik KPK Stepanus Robin Patujju pada Kamis (22/4/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Dalam sidang vonis Dewan Pengawas KPK terungkap bahwa Stepanus diduga menerima sejumlah uang dari lima orang berbeda. Berikut namanya: 

  1. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin: Rp3,15 miliar
  2. Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial: Rp1,24 miliar
  3. Wali Kota Cimahi nonaktif Ajay: Rp505 juta
  4. Eks Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari: Rp5,1 miliar
  5. Perkara suap Kalapas Sukamiskin: Rp525 juta

Baca Juga: [BREAKING] KPK: Ajudan Azis Syamsuddin Sempat Hubungi Penyidik KPK

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya