Comscore Tracker

KPK Terus Buru Buron Kasus Korupsi, Termasuk Harun Masiku

Setelah Samin Tan ditangkap, masih ada 4 buron yang diburu

Jakarta, IDN Times - Mantan politikus PDI Perjuangan, Harun Masiku sudah setahun lebih menghilang dan menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hingga saat ini KPK masih berupaya mencari keberadaan Harun serta para buronan lainnya.

"Menyangkut DPO lainnya, saya pernah menyampaikan pada rekan-rekan bahwa kami telah membentuk tim pencarian DPO dan itu kami lepaskan dari tugas sehari-hari. Saya tidak akan cerita keberadaan DPO lainnya," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, seperti dilansir ANTARA, Rabu (7/4/2021).

1. KPK harap buronan lain segera tertangkap

KPK Terus Buru Buron Kasus Korupsi, Termasuk Harun MasikuDeputi Penindakan KPK, Karyoto (Dok. Humas KPK)

Teranyar, KPK baru saja menangkap pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM) Samin Tan. Ia merupakan tersangka kasus dugaan suap dalam pengembangan perkara terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 yang menjadi buronan sejak April 2020.

"Mudah-mudahan dalam waktu singkat yang akan datang juga masih bisa kami mencari DPO-DPO lain. Saya tidak akan cerita kalau misalnya ada ini ada ini tetapi mudah-mudahan dia sedang tidur nyenyak, tidak dengar kami. Nanti pas kami datang, ada kami tangkap,"ujarnya.

Baca Juga: Nyaris Setahun Buron, Pengusaha Samin Tan Akhirnya Ditangkap KPK

2. Harun Masiku merupakan tersangka suap

KPK Terus Buru Buron Kasus Korupsi, Termasuk Harun Masiku(Kader PDI Perjuangan Harun Masiku) www.facebook.com/dwi.jepray.bagjana

Harun Masiku ditetapkan sebagai tersangka usai menyuap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Suap dilakukan untuk Pergantian Antarwaktu (PAW) dari anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) 1 Riezky Aprilia, kepada Harun Masiku.

Selain itu, suap dilakukan untuk menggantikan anggota DPR PDIP terpilih yang meninggal dunia bernama Nazarudin Kiemas. Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fredelina didakwa menerima suap Rp600 juta. Harun disebut kabur ke luar negeri namun hingga kini belum diketahui keberadaannya.

3. Ada empat buronan KPK yang masih dicari

KPK Terus Buru Buron Kasus Korupsi, Termasuk Harun MasikuIlustrasi buronan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain Harun, terdapat tiga buronan yang masih diburu KPK. Mereka adalah Kirana Kotama, Izil Azhar, dan Surya Darmadi.

Kirana Kotama merupakan tersangka dalam kasus pengadaan kapal SSV untuk pemerintah Filipina pada tahun 2014. Kirana melibatkan PT PAL dalam kasus korupsi. Lalu, Izil Azhar terjerat kasus gratifikasi yang melibatkan Gubernur Aceh pada periode 2007-2012, dan Surya Darmadi yang tertangkap dalam kasus suap alih fungsi hutan di Provinsi Riau.

 

Baca Juga: Harun Masiku Setahun Jadi Buron, KPK: Kami Yakin Masih di Indonesia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya