KPK Usut Dugaan Korupsi yang Seret Lagi Bupati Penajam Paser Utara 

Abdul Gafur Mas'ud adalah politisi Partai Demokrat

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan tengah mengusut dugaan korupsi yang kembali menyeret nama Bupati nonaktif Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud. Hal ini merupakan pengembangan kasus dugaan korupsi yang sebelumnya telah menjerat politisi Partai Demokrat itu.

"Dugaan tindak pidana tersebut berupa penyalahgunaan wewenang pada penyertaan modal di Perusahaan Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2019-2021," ujar Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, Senin (1/8/2022).

1. KPK bakal kumpulkan bukti dan periksa saksi

KPK Usut Dugaan Korupsi yang Seret Lagi Bupati Penajam Paser Utara PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

KPK akan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini. Selain itu, KPK juga akan mengumpulkan bukti-bukti yang berhubungan dengan kasus tersebut.

"KPK mengimbau agar pihak-pihak yang dipanggil sebagai saksi selama proses penyidikan, untuk kooperatif hadir dan menerangkan dengan jujur di hadapan Tim Penyidik," ujar Ali.

Baca Juga: Dua Perumda Penajam Paser Utara Rugikan Negara Rp14 Miliar

Baca Juga: KPK Geledah Kantor Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'Ud

2. Staf Perumda Benuo Taka sempat diperiksa KPK

KPK Usut Dugaan Korupsi yang Seret Lagi Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Diberitakan sebelumnya, KPK telah memanggil dan memeriksa staf Perumda Benuo Taka untuk memberikan keterangan sebagai saksi di Mako Brimob Polda Kalimantan Timur, Rabu 27 Juli 2022.

Dalam surat panggilan tersebut, staf Perumda Benuo Taka dimintai keterangan sebagai saksi terhadap tersangka Abdul Gafur Mas'ud, mantan Direktur Perumda Benuo Taka, Heriyanto, dan Bendahara Perumda Benuo Taka, Karim Abidin.

"Ada tembusan surat pemanggilan saksi dari KPK terkait penyertaan modal Perumda Benuo Taka," kata Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa saat dikonfirmasi.

3. Abdul Gafur Mas'ud adalah kepala daerah kedua yang kena OTT KPK tahun ini

KPK Usut Dugaan Korupsi yang Seret Lagi Bupati Penajam Paser Utara Bupati Penajam Paser Utara nonaktif Abdul Gafur Masud (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Diketahui, Abdul Gafur Mas'ud merupakan kepala daerah kedua yang tertangkap tangan KPK selama tahun 2022. Saat itu, Gafur ditangkap di sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan.

Kemudian, KPK menetapkannya sebagai tersangka pengadaan barang dan jasa serta perizinan. Kini, ia tengah diadili di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor, Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Kena OTT KPK, Ini Profil Bupati Penajam Paser Utara

Baca Juga: [BREAKING] KPK Temukan Uang Saat OTT Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya