KRI Nanggala-402 Tenggelam, Jokowi: Mereka Putra Terbaik Bangsa

"Mereka patriot penjaga kedaulatan bangsa."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berduka atas tenggelamnya kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402, di perairan utara Bali. Menurutnya, musibah ini mengejutkan semua pihak.

"Kita semua bangsa Indonesia menyampaikan kesedihan yang mendalam atas musibah ini, khususnya kepada seluruh keluarga awak kapal selam," ujar Jokowi dalam keterangan pers virtual, Minggu (25/4/2021).

"Mereka adalah putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," tambahnya.

1. Segala upaya penyelamatan terus dilakukan

KRI Nanggala-402 Tenggelam, Jokowi: Mereka Putra Terbaik BangsaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Baca Juga: Bikin Haru! Awak Kapal KRI Nanggala-402 Nyanyikan Lagu Sampai Jumpa

Jokowi menegaskan segala upaya terbaik untuk mencari dan menyelamatkan kru beserta KRI Nanggala-402 telah serta terus dilakukan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengajak semua pihak mendoakan yang terbaik.

"Untuk itu marilah semuanya kita memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi 53 patriot terbaik menjaga kedaulatan negara, dan bagi segenap anggota keluarga agar diberikan kesabaran ketabahan dan kekuatan," ujarnya.

2. Kapal selam itu sudah dinyatakan tenggelam

KRI Nanggala-402 Tenggelam, Jokowi: Mereka Putra Terbaik BangsaKepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono (ANTARA/HO-Dispenal)

Sebelumnya, KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WITA di perairan utara Bali. Setelah beberapa hari pencarian, kapal tersebut dinyatakan sub-sunk atau tenggelam.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menunjukkan beberapa puing yang ditemukan. Di antaranya pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai oleh ABK untuk salat, tumpahan solar hingga pelumasan untuk naik turun periskop kapal selam.

Selain itu, ditemukan juga sponge untuk menahan panas di dalam lambung kapal, sehingga tidak terjadi kondensasi.

"Benda-benda ini diyakini oleh para mantan ABK kapal Nanggala, milik kapal selam Nanggala-402," ungkap Yudo ketika memberikan keterangan pers dari Lanud Ops Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Dengan begitu, kata Yudo, maka fase peristiwa yang dialami oleh Kapal Nanggala 402 dari semula sub-missed menjadi sub-sunk. "Pada fase ini, maka kami akan menyiapkan pertolongan medis untuk melakukan evakuasi bila masih ditemukan ABK yang selamat," kata dia lagi.

3. KRI Nanggala-402 adalah salah satu kapal selam pertama Indonesia

KRI Nanggala-402 Tenggelam, Jokowi: Mereka Putra Terbaik BangsaKapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

KRI Nanggala-402 ini merupakan satu dari dua kapal selam pertama Indonesia yang dimiliki TNI AL. Kapal selam tersebut dipesan dari perusahaan asal Jerman, Howal Deutsche Werke di Kiel, pada 1977. 

KRI Naggala-402 saat itu dipesan dengan saudara kembarnya KRI Cakra-401. Keduanya merupakan kapal selam yang selalu menjaga laut indonesia selama tiga dekade. Sebelum pada 2011, pemerintah memesan tiga unit kapal selam dari Korea Selatan.

Kapal selam yang mulai difungsikan pada 1981 ini merupakan kapal selam dengan tipe 209/1300 yang digerakkan motor listrik siemens low-speed. Biasanya kapal selam ini lazim digunakan Angkatan Laut di pelbagai negara. 

Kapal selam ini memiliki berat 1,395 ton dengan ukuran sekitar 59,5 meter, diameter luar 6,3 meter, dan diameter dalam 5,5 meter. KRI Nanggala-402 ini dibekali mesin diesel elektrik yang terdiri dari empat mesin, plus satu shaft dengan menghasilkan 5.000 tenaga kuda.

Dengan mesin tersebut, kapal selam berkapasitas 34 orang ini bisa melaju di bawah laut hingga 21,5 knot dengan mengandalkan sonar CSU-3-2. Kapal ini bisa menyelam hingga kedalaman 250 meter di bawah permukaan laut dengan durasi tiga bulan. 

Untuk ukuran kapal berusia 40 tahun, KRI Nanggala-402 ini cukup disegani. Maklum, kapal selam ini juga dipersenjatai 14 torpedo AEG berukuran 21 inci/533 mm dalam delapan tabung.

Kemampuan menembak KRI Nanggala-402 sempat dipamerkan saat latihan operasi gabungan pada 2004. Tembakannya membuat KRI Rakata karam dalam sebuah latihan.

Menariknya, nama Nanggala diambil dari nama perwayangan. Dalam Kitab Mahabarata, Nanggal merupakan pusaka ampuh berupa tombak dengan gagang pendek yang digunakan Prabu Baladewa (Kerajaan Madura).

Menurut mitos, Nanggala digunakan Prabu Baladewa untuk melawan musuhnya. Konon, jika ditancapkan di tanah, bumi seketika bergetar menicptakan gempa yang membuat musuh kalang kabut.

Nama Nanggala bukan hal baru di dunia militer. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) juga sempat menggunakan nama tersebut untuk tim intelejen tempur yang ada di bawah pasukan Sandiyudha (Kopassandha).

Baca Juga: Wira Ananta Rudira Jadi Trending Terkait KRI Nanggala-402, Apa Itu?

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya