Kriminolog: Keluarga Tewas di Kalideres Diduga Berkeyakinan Menyimpang

Penganut paham apokaliptik berciri menutup diri

Jakarta, IDN Times - Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Maliala menduga satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat memiliki keyakinan menyimpang. Mereka diduga punya kepercayaan bahwa kelaparan bagian dari kesempurnaan hidup.

"Keempatnya adalah penganut keyakinan menyimpang tentang hidup setelah mati. Tindakan melaparkan diri adalah bagian untuk mencapai kesempurnaan hidup," ujar Adrianus ketika dihubungi, Senin (14/11/2022).

1. Keluarga di Kalideres diduga tewas bukan karena kelaparan

Kriminolog: Keluarga Tewas di Kalideres Diduga Berkeyakinan MenyimpangKondisi lingkungan rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, Adrianus menduga mereka tewas bukan karena kelaparan. Ia menilai mereka sengaja dilaparkan.

"Kemungkin sebagian dari mereka, khususnya yang lansia, tidak kelaparan, tapi dilaparkan. Mereka tidak diberi makan sampai mati. Pihak keempat kemudian bunuh diri dengan cara tertentu yang bisa terlihat melalui otopsi," ujarnya.

Baca Juga: Satu Keluarga yang Tewas di Kalideres Akan Dikremasi usai Diautopsi

2. Penganut paham apokaliptik berciri menutup diri

Kriminolog: Keluarga Tewas di Kalideres Diduga Berkeyakinan MenyimpangKondisi lingkungan rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat (IDN Times/Aryodamar)

Adrianus juga tidak menutup dugaan satu keluarga yang tewas itu menganut paham apokaliptik atau akhir dunia. Salah satu cirinya adalah menutup diri dari lingkungan.

"Yang pasti eksklusif dan menutup diri," jelasnya.

3. Penyebab kematian satu keluarga di Kalideres belum diketahui

Kriminolog: Keluarga Tewas di Kalideres Diduga Berkeyakinan Menyimpangilustrasi meninggal (IDN Times/Mia Amalia)

Sebelumnya, warga Kalideres, Jakarta Barat, digegerkan dengan penemuan satu keluarga tewas di sebuah rumah di Perumahan Citra Garden Extension. Satu keluarga itu terdiri dari empat orang yakni ayah, ibu, anak, dan ipar.

Penemuan jenazah di sebuah rumah itu diawali oleh laporan warga. Warga merasa curiga dengan bau busuk yang tercium dari rumah korban.

Hingga artikel ini dimuat, penyebab kematian masih belum diketahui. Polisi menduga kematian korban terjadi sekitar tiga pekan.

Polisi tidak menemukan makanan baik di rumah yang ditinggali, maupun lambung korban. Akan tetapi, penyebab kematian terhadap empat orang itu belum dapat disimpulkan karena kelaparan.

Baca Juga: Sekeluarga Tewas di Kalideres, Ahli Analisis Penyebab Logisnya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya